Tips Nulis

Saya suka nulis... Saya suka ngarang... Saya suka baca buku cerita --> novel, komik, except buku pelajaran :p .
Saya paling suka buku dodol spesialis Raditya Dika :D . Saya suka komik Doraemon dan Conan. Saya suka novel. Siapapun penulisnya, yang penting ceritanya harus keren, bahasanya ringan, jalan ceritanya gak ribet, dan menurut saya, novel spesialis remaja a.k.a teenlit itu oke juga. Selain Doraemon sama Conan, saya juga suka komik lain, Rainbow Miracle. Hmm, saya emang cuma tau dikit tentang komik, soalnya saya gak telalu maniak sama anime, tapi saya suka kok! Mmm... Saya terobsesi buat bisa menghasilkan satuuuu aja buku. Hmm... Amin! Yeaaa.. Tapi sejauh ini, cerita yang kelar 100% aja belum ada. Kalopun ada, belum selese diedit. DAn yang terpenting, inti ceritanya belum jelas! Huh -__-" Gimana mau jelas, orang bikin ceritanya suka-suka en tergantung mood, juga tujuannya cuma buat muasin diri biar bisa senyum-senyum sendiri... haha XD

Setelah nulis-nulis gak jelas. Hasilnya pun gak jelas. Yah..maklum ajalahya... :) Yups, setelah itu, saya jadi suka mikir sendiri gimana caranya biar tulisan saya punya inti, rapi, dan enak kalo dibaca orang laen. Belajar dari banyak baca buku-buku, novel-novel dari orang lain, dan mikir...

Akhirnya... menurut saya :

- kita butuh buat coretcoret tentang cerita yang akan kita bikin (ehm, mungkin inspirasi datang tiba-tiba pas lagi iseng maen laptop ato komputer...) tapi, setelahnya bisa kan???
- kita butuh buat ngebikin detail tentang tokohnya.
- kita butuh bikin kerangka ceritanya (yeaaa...dulu paling males en bingung kalo disuruh bikin itu pas sekolah. tapi yaaa..emang perlu sih...)
- kita butuh referensi buat nemuin banyak kata biar gak banyak ngulang kata pas nulis.
- kita butuh refreshing pas lagi bikin cerita biar jalannya gak di situ-situ terus.
- kita butuh kepandaian buat mainin klimaks biar yang baca gak bosen (susah euy!).

Yeaps. Mungkin segitu dulu tips menurut saya. Maaf kalo sedikit random, pas nulis ini postingan, konsen saya agak kepecah.hehe....
Ntar kalo ada lagi, saya bagi deehhh... :)

Sip! Semoga postingan ini bisa bermanfaat (cieh!). Semoga saya bisa melanjutkan tulisan saya dengan menerapkan tips dari saya sendiri ini.haha... :D Semoga cerita saya gak random. Semoga cerita saya bisa selesai dengan rapi, jelas, dan yaaah baguslah pokonya. Amin.

Selesai.

Salam,

*obsesi penulis*
:)

Comments