Catatan Cinta

Uhmm..berat mau nulis tentang ini. Tapi ini menarik buat ditulis. Apa sih cinta? Kata fenomenal yang bisa bikin orang berbuat apa aja meskipun itu gak masuk akal. Perasaan yang menyiksa saat kita melihat orang yang kita cintai ternyata telah memiliki yang lain. Dan juga merupakan sesuatu yang sangat indah karena dapat menyatukan jiwa-jiwa yang sepi menjadi sebuah kesatuan yang utuh dan bahagia.

Balik lagi, apa itu cinta ??


Cinta adalah sebuah perasaan yang ingin membagi bersama atau sebuah perasaan afeksi terhadap seseorang ...
Cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberi kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan oleh objek tersebut. -Wikipedia

Sedikit uraian tentang cinta. Cinta itu abstrak. Banyak hal yang berkaitan dengan cinta. salah satunya, patah hati. Jatuh cinta sama artinya dengan bersiap patah hati. Atau jika terbalas, bersiaplah untuk tersenyum lebar.
Siapa sih yang gak pernah jatuh cinta? Saya pikir gak ada. Cinta itu merupakan hak bagi setiap makhluk di dunia ini. Cinta itu seperti seni, sama. Hanya saja yang membedakan adalah objek dan cara mengapresiasikannya. 
Jatuh cinta itu rumit dimengerti, tapi sederhana prosesnya. Bahkan lebih sederhana dari sederhana itu sendiri. Jatuh cinta bisa saja terjadi karena hal kecil : ketemu, saling pandang, sampe rumah kepikiran. Nah, simple. Tapi, kalo mikirnya apa sesimple itu? Kayaknya gak. Bayangin aja! Kalo udah gitu, pasti kepikiran buat nyari nomor hapenya, SMS dia (tapi pasti bungung mau bilang en ngomongin apa), pengen ketemu terus (recananya biar kangen terobati, tapi kalo canggung? tetep aja sampe rumah bakal kepikiran), inget dia terus (ngelamun dikit, dia muncul. sedih dikit, ngayalin dia. seneng dikit, keinget dia. blablabla, inget dia...bah!), pokoknya hidup kita bakal dinaungi bayang-bayang "dia". Padahal dia siapa? Orang yang ketemu sama kita (mungkin baru bentar, ato mungkin juga udah lama), yang tiba-tiba karena satu hal kecil, yang namanya cinta itu dateng dan ngubah semua yang awalnya biasa jadi gak biasa.

Cinta itu kadang punya pengaruh besar. Contoh kecil, kalo lagi jatuh cinta sama temen sekelas, pasti bawaannya pengen sekolah terus. Jadi rajin. Terus, pengen keliatan menonjol di matanya, pasti berusaha biar pinter en gak males ngerjain PR. Jadi tambah rajin. Terus lagi, pengen keliatan seperti sosok pasangan yang diidamin dia, pasti ngerombak total gaya. Jadi berubah. Sebenarnya yang berubah ini yang salah. Karena kita bakal ngebohongin dia, dan tanpa kita sadari itu bakal ngebohongin diri sendiri juga. Tidak memberi ruang pada diri sendiri. Itu dicoret aja dari pengaruh positif.
Nah, pengaruh yang negatif. Saya ambil secara garis besar: mau ngelakuin apa aja (masuk akal atopun nggak) yang penting dia seneng en (katanya sih) makin cinta.

Tapi, cinta juga punya dua wajah. 
Wajah berseri-seri kalo cintanya bertepuk dan merekah.
Wajah sendu kalo cintanya gak terbalas dan patah hati.
Itu konsekuensinya ...

Sebenarnya cinta itu fleksibel. Kita gak mesti nangis kalo patah hati. Tapi, cinta itu fleksibel kalo yang ngerasainnya bisa fleksibel juga. Cinta yang bersatu ataupun yang hanya terpendam akan indah jika kita bisa memposisikannya dengan tepat. Membiarkannya mengalir bersama waktu. Memberinya ruang untuk meluap atau mencair, bahkan hilang. Memberinya kesempatan untuk hadir memberi warna dalam hidup kita, meskipun tak selalu cerah. Membiarkannya mendaki hingga ke puncak hati. Dan kala merasa tersakiti, membiarkannya bergulir lembut mengobati luka dan menghilang dalam air mata. Cinta tak harus selalu berakhir bahagia atau air mata, tapi cinta harus berakhir dengan pelajaran untuk selanjutnya. Tidak ada cinta yang sia-sia.

Cinta-cinta berikut adalah cinta yang paling luar biasa:
> Cinta dari Tuhan yang abadi hingga akhir masa dunia.
> Cinta seorang Ibu yang takkan pernah habis hingga waktu berhenti.
> Cinta seorang Ayah yang akan melindungi hingga tiba kenyamanan.

Berterimakasihlah pada orang-orang yang telah memberikan cinta dan kepada orang-orang yang telah memberi kita kesempatan untuk merasakan manis-pahitnya cinta.. Karena tanpa mereka, kita takkan pernah menyadari bahwa cinta itu anugrah ..


[ love u, my lovers ]

Comments