Sejuta Kehebatan Pinus

Si Tangguh ...
Pinus terkenal karena ketangguhannya dalam bertahan hidup. Ketika daun-daun pepohonan berguguran di musim dingin, daun pinus tetap menghijau di rantingnya. Ketika pohon-pohon lain tak dapat bertahan hidup di puncak gunung, pinus tetap tegak berdiri.

Bahkan hutan pinus di Aceh dan Taman Nasional Kerinci terbentuk karena ketangguhan pohon itu. Ketika terjadi kebakaran hutan yang luas, pohon-pohon lainnya mati dan punah. Hanya pinus yang dapat bertahan hidup di sana.

Si Panjang Umur
Karena ketangguhannya, pinus jadi salah satu pohon yang berumur panjang. Ssstt, umur pinus bisa mencapai ribuan tahun, lho! 

Contohnya adalah Methuselah. Pohon pinus dari spesies Great Basin Bristlecone Pine ini terdapat di White Mountain, California, Amerika Serikat. Wow, pohon ini usianya lebih dari 4.000 tahun! 

Si Sejuta Manfaat
Pohon pinus memiliki banyak sekali manfaat. Tentu saja, pohon ini jadi bernilai ekonomi itnggi alias mahal harganya. Bayangkan saja, kayunya yang kuat bisa dijadikan bahan pembuat perabot rumah tangga. 
Getahnya bisa diolah jadi bahan dasar kosmetik, minyakk cat, campuran bahan pelarut, dan lain sebagainya. Begitu pula rantingnya, yang bisa digunakan sebagai kayu bakar. Buah pinus pun bisa dimanfaatkan sebagai arang briket, salah satu bahan bakar alternatif.

Si Sejuta Tradisi
Selain tangguh dan bermanfaat, pohon pinus juga berbentuk indah. Pantas kalau pinus banyak digunakan untuk menghias berbagai perayaan tradisi dan keagamaan. Misalnya, pada saat tahun baru Jepang. Masyarakat Jepang biasa memajang Kadomatsu di pintu rumahnya. Kadomatsu adalah hiasan tahun baru yang terbuat dari ranting pinus dan potongan bambu. Begitu juga saat perayaan Natal. Biasanya umat Kristiani menghias pohon pinus atau cemara untuk dipajang dirumah mereka.
Kadomatsu

Source: Majalah Bobo edisi 37

Comments