Kekayaan Terhebat Mengalahkan Komputer

"Apakah ada sesuatu yang hilang saat beralih dari buku ke layar komputer, dari pena kepada keyboard?" demikian pertanyaan Professor Anne Mangen, seorang ahlli dari Stanvanger University di Norwegia, saat bertanya tentang hubungan antara menulis dengan tangan dan dampak menulis di papan keyboard komputer.

Fakta menunjukkan, ada sesuatu yang hilang dalam proses otak ketika beralih dari pena dan buku ke layar komputer dan keyboard.

Bersama dengan Jean-Luc, neurofisiologi Velay di Universitas Marseille, Anne Mangen menulis sebuah artikel yang diterbitkan dalam sebuah jurnal berkala.

Percobaan dilakukan oleh tim peneliti Velay di Marseille. Hasil penelitian menunjukkan, di saat menulia dengan tangan, ada gerakan jejak yang tertinggal di bagian otak yang disebut sensorimotor. Proses ini membantu kita mengenal huruf.

Sementara saat menyentuh dan mengetik pada komputer, menghasilkan respon yang berbeda di otak. Itu artinya, tidak memperkuat mekanisme pembelajaran dengan cara yang sama.

Penelitian ini menyimpulkan, anak-anak dan siswa yang menulis dengan tangan lebih baik daripada mereka yang mengetik di papan keyboard. Hal ini terjadi karena membaca dan menulis melibatkan sejumlah indera.

Temuan Anne Mangen, dan Jean-Luc Velay diterbitkan di jurnal HAPSTICS, bisa dilihat di sini.

Karena menulis dengan tangan membutuhkan waktu lebih lama, maka aspek temporal dari otak yang terlibat dalam bahasa juga dapat mempengaruhi proses belajar.

Nah, bagi yang tak memiliki komputer di rumah, tidak perlu bersedih hati. Sebab, Anda masih dikaruniai kekayaan otak yang tak terwakili di layar komputercanggih manapun :)

(Sumber: Majalah Suara Hidayatullah edisi Februari 2011)

  

Menurut saya sih, emang otak kita lebih dari segala yang tercanggih di dunia ini. Gak bakal mungkin ada teknologi canggih tanpa pemikiran yang canggih. Dan pemikiran yang canggih itu jelas dari otak! Yang nyiptain otak kan Zat YAng Maha Sempurna. Secanggih apapun yang bisa kita hasilkan, masih jauh lebih baik apa yang dikasi Tuhan ke kita. Jadi, jangan kita minder karena gak bisa punya ato pake alat teknologi terbaru yang canggih, kita kan punya yang lebih canggih :)
Take the positive, friends ;)

Comments