Sahabat dan Teman

Sekilas memang beda, tapi kadang sahabat dan temen itu mirip! Katanya beda, apa bedanya? Bedanya? Bedanya mah bisa dibilang gak beda-beda banget... Tapi di sini saya mau cerita sedikit. Mungkin dari cerita itu ada yang bisa nemuin bedanya "sahabat" sama "temen" :) Here we go ...

Saya sampe saat ini cuman dan masih punya hanya satu sahabat. Tapi dia emang bener-bener sahabat! Gak gampang buat nyari sahabat. Itu bener! Bayangin aja, nyari orang yang bisa buat dengerin kamu di saat kamu butuh pendengar, dia bakal ada untuk mendengar meski mungkin dia sedang malas untuk melakukan sesuatu. Tapi ia akan mendengar! Mungkin dia tidak akan memberi respon seperti yang kamu harapakan, tapi kamu akan merasa lebih baik. Sahabat tidak selamanya harus ada dan mengikuti harapan kita, sahabat adalah kita. Jika kita pernah mersa tersakiti, maka janganlah kita menyakiti. Bagaimana kalo dia disakiti? Karena kita tau rasanya, kita bisa berbagi cerita dan saran untuk menyembuhkan luka sakit itu. Tarkadang itulah persahabatan, saling mengerti satu sama lain :)

Kita biasanya akan butuh tempat untuk menceritakan rahasi kita, entah itu tentang perasaan, masalah keluarga, ataupun tentang hal kecil. Munkin itu diary. Iya, diary bisa menyimpan rahasia, tapi apa dia bisa memberi saran? Tidak. Dan jawabannya adalah sahabat. Kita bisa berbagi rahasia dengan sahabat, karena kita tau sahabat tidak akan membongkarnya. Kenapa kita berpikir seperti itu? Kita bersahabat dengan sahabat kita karena kita percaya sama dia. Atas dasar kepercayaan itulah kita berani berbagi rahasia dengannya. Kita juga bisa minta saran atau sekedar pendapat dari dia tentang sesuatu yang kita rahasiakan. Gak mungkin kan kalo rahasia tentang keluarga kita bagi dengan adik, atau ibu? Mungkin aja sih, tapi menurut saya lebih abaik bagi sama sahabat aja. Gimana kalo sahabat kita ngebongkar rahasia itu? Pasti kita bakal marah dan kesel, bahkan sampe nekat bilang, "Persahabatan kita putus! Saya gak mau sahabatan sama kamu lagi! Kamu ember banget!" dan pergi. Saat itulah kita berada di klimaks sebuah persahabatan.

Kenapa klimaks? Karena pada saat seperti itu terkadang kita akan berpikir akan masa lalu. Berpikir bahwa kita butuh dia. Orang seperti dia. Di saat kita bertengkar sama sahabat, kita gak punya temen berbagi. Ada sih, tapi gak sepengertian dia. Meskipun lagi bertengkar, saya yakin kita saling mikirin. Dan betapa kita saling membutuhkan. Tapi karena hal yang bernama gengsi, tiap ketemu di sekolah selalu (pura-pura) CUEK! Ntar sampe rumah, bakal kangen lagi. Ada sedikit cerita saya tentnag masalah ini...

Waktu itu kita (re: saya dan sahabat saya) marahan gara-gara di modul sahabat kita saling olok. Kita nulis nama cowok yang kita suka. Dia nulis cowok yang saya suka, saya juga. Nah, gak taunya modul itu kepinjem sama temen cowok. Dan (jengjeng!) terbongkarlah semuanya. Dia diolok, dan dia marah sama saya. Dia bilang, gara-gara saya semua temen cowok ngolok. Saya gak mau disalahin dong! Saya berkilah. Dan mulai hari itu kita gak teguran.
Hari demi hari lewat. Saya masih gak teguran sama sahabat. Temen-temen yang lain malah pada gerah ngeliatnya. Kenapa? Karena kita selalu nempel kayak pake lem! Kemana-mana berdua, duduk berdua, ke kantin berdua, pokoknya klop! Temen-temen ngedesek biar maafan, tapi saya keras kepala. Menurut saya, saya gak salah apa-apa, masalahnya saya gak tau, kenapa saya yang mesti minta maaf? Dan saya masih terus gigih pada pendapat saya itu.
Beberapa hari kemudian, temen-temen yang bener-bener gregetan, nyamperin saya di meja sambil nyeret sahabat. Buat dibikin baikan maksudnya... Saya mah cuek-cuek aja. Tapi, pas inget kalo kita berdua sama-sama salah, ya... Oke, saya mulai duluan ngulurin tangan sambil senyum-senyum iseng. Dia lama nyambut tangan saya. Temen-temen yang di belakang mendesak dengan gigih! Akhirnya kita berjabat dan (tadaaaaa!) kita baikan :)

Apa sih sebenarnya masalahnya simpeeeeellll banget! Hal sepele sekecil upil! Cuman karena kita sama-sama punya sisi egois dan keras kepala masing-masing, yaaah begitulah. Kadang di sebuah persahabatan emang perlu ada yang namanya pertengkaran, mau itu kecil-kecilan ato bahkan besar-besaran! (hehe) Karena, seperti yang sudah saya tulis tadi, kita bakal bisa lebih sadar bahwa kita butuh seseorang yang lebih dari sekedar temen buat nemenin kita, buat dengerin kita, buat menghibur kita, buat nyimpen rahasia kita, dan sebaliknya. Di saat seperti itu kita akan merasakan yang namanya sepi. Meskipun kita lagi ngumpul sama seabrek temen, kita tetep ngerasa sedikit sepi. Sedikit bagian dari kita gak hadir. Dan itulah yang nantinya akan mendorong kita untuk merenung, memikirkan kembali masalah yang bikin kita marahan. Setelah merenung, cepat atau lambat, kita akan sadar akan kesalahan kita. Sampe akhirnya kita akan maafan. Entah itu kita yang duluan minta maaf, atau mungkin jadi pihak yang memaafkan. Dari cerita yang tentang rahasia, bisa kita bilang kalo persahabatan itu didasari oleh sebuah kepercayaan yang kuat.

Selain itu, yang dibutuhin di persahabatan juga saling menghargai dan menghormati. Bukan cuman sama umat agama lain tuh (di pelajaran PKn SD), gak cuman sama sahabat doang sih, sama semua orang pun kita harus bisa menghargai dan menghormati. Kalaupun ada sesuatu yang kita kurang suka dari seseorang ato dari sahabat kita sendiri, sampein dengan sopan biar gak menyinggung. Kalo sama sahabatm kita mungkin bisa buat ngobrol dengan gaya kita, kita bisa iseng-iseng usul ke dia bahwa dia tuh lebih oke kalo bla bla bla... Kan gak transparan kalo kita lagi mengkritik. Tapi sebenarnya kita gak mengkritik kok, kita hanya memberi saran. dan sebagai sahabat yang baik, kita harusnya jujur tentang segala hal! Nah, buat bagian yang ini saya belum mahir... Setidaknya bagus ya, kalo bisa bikin orang bisa :) Ntar saya juga bakal belajar buat hal ini.


Udah nemu perbedaannya? Kalo udah, keren banget! Kalo belum, ayo kita susun lagi...
Menurut saya sih, kalo temen itu informasi yang kita bagi akan lebih terbatas daripada informasi yang kita kasi ke sahabat. Jadi, temen itu cuman tau "judulnya" doang, tapi kalo sahabat? Dia tau dari "judul" sampe "isi" bahkan "note"nya pun dia tau.
Lanjut! Kemudian, kita juga bakal jauh lebih nyaman buat cerita sampe nangis-nangis ato ngakak sama sahabat. Tapi sama temen kenapa tidak? Karena (mungkin) kita merasa seorang teman belum mengenal kita sebagaimana seorang sahabat mengenal kita. Kenapa kita gak mau bikin seorang teman lebih mengenal kita? Saya yakin dalam hal ini tiap orang punya pendapat yang beda. Menurut saya, ya karena kenyamanan. Untuk temen mungkin kita tidak disarankan untuk milih-milih, tapi untuk sahabat...saya sangat sarankan untuk milih-milih! Dengan kritis kalo perlu! Bukan maksudnya sombong, tapi biar nyaman itu tadi lhoo.. Gak mungkin kan semua temen kita kenal kita kayak sahabat kenal kita? Kan bakal ketauan... Nah, saya inget keistimewaan sahabat saya! Dia tau sikap saya kalo lagi suka sama cowok (hihiii), dia juga bakal tau kalo saya nyembunyiin sesuatu (cenayang banget!), dan lupa lagi. Pokoknya sahabat itu bisa dibilang duplikat pola pikir kita atau apa ya? Udah dijung lidah, tapi gak nyampe ke jari buat diketik! Mungkin bisa dibilang mmm...apa ya? Susah ngungkapinnya! I need a help !

Selanjutnya, kadang temen itu cara pandangnya gak mirip kayak kita bahkan bertentangan,, jadi kita gak nyaman buat ngomongin hal yang sama. Tapi sahabat??? Bisa jadi cara pandangnya mirip ato bahkan sama dengan kita. Dengan itu, kita bisa tukar pikiran, deh ... Masa bisa tukar pikiran sama yang cara pandangnya sama? Agak janggal di sini. Yah, kembali ke bahwa kita tidak ada yang diciptakan sama persis, kembar sekalipun! Kita pasti punya perbedaan meski sedikit sampe gak bisa kita liat ato rasain. Pasti ada sedikit perbedaan cara pandang dalam kemiripan itu. Kalo udah gitu kan bisa tukar pikiran ..

Next, sahabat itu punya tingkat pengertian yang lebih tinggi dari temen! Gak percaya? Silakan dibuktikan :) Sahabat juga lebih peka lhoo ...

Ada lagi? Sepertinya ada. Mmm, kita lebih sering sehati sama sahabat daripada sama temen. 

Mungkin segitu dulu ...
Di postingan ini gak ada maksud buat mojokin sahabat lho, cuma memperjelas bahwa sahabat sama temen itu beda! Kit amungkin bisa bilang kita punya banyak sahabat, tapia apa iya mereka sahabat? Gak segampang ngeliat bintang di langit gelap kita bisa nyebut seseorang itu sahabat. Coba kita pikirin lagi... Apa dia bisa ngerti? Apa dia mau denger meskipun dia lagi asik ngerjain sesuatu? Apa dia bersedia ngasi saran? Apa dia setia buat jaga rahasia? Silakan filter siapa yang teman dan siapa yang sahabat :) 
Sampe saat ini sahabat saya cuma satu dan susah banget buat nyari tambahan, guys!
dedicated for my Best ever Friend named Dwi


Banyak harapan di postingan ini, semoga bermanfaat ;)

Comments