Tentang keLABILan

Nah... akhirnya dapet ilham juga buat nulis postingan baru. Tadi pagi ada insiden gak asik, males dibahas lagi! Tapi kayaknya itulah ilhamnya. Saya adalah seorang remaja labil yang masih mencari jati diri untuk maju. Saya berusaha untuk menjadi problem solver buat diri saya sendiri. Ya, saya tau itu mungkin lebih terdengar egois. Dan semakin ke sini, saya makin sadar kalo kita itu makhluk yang diciptakan untuk berbagi. Entah itu berbagi suka atau pun duka. Saya rasa, setiap saya dapet "masalah", saya bisa mengatasinya. Tapi, entah kenapa akhir-akhir ini pandangan saya berubah. Terutama untuk masalah yang bersangkutan sama hati dan perasaan. Bukan, dalam hal ini bukan soal cinta. Saya pengen lupa bentar sama hal itu.  Balik lagi, hal yang saya maksudkan di sini adalah (nyebutnya apa ya???) mmm...pribadi atau hati-lah.

Semua orang pasti pernah ngerasain yang namanya sakit hati (bukan karena putus cinta!), tersinggung, sedih, kesel, seneng, mumet, mendem emosi, dkk, kan? Nah, saya juga. Paling sering sih ngerasa tersinggung, sedih, dan sakit hati. Cara saya buat keluar dari masalah gak oke kayak gitu adalah diam merenung, dan kadang sampe nangis. Konyol banget kalo diinget lagi. Sampe nangis! What the hell! Tapi itu ngebikin saya ngerasa lebih baik, kok! Saya pikir gak salah kalo sampe nangis, yang penting kan merasa lebih baik. Setelah itu lewat, saya mikir lagi. "Betapa konyolnya cuman gara-gara itu doang sampe nangis! Coba nanggepinnya biasa aja, gak bakal sampe nangis, deh!" Dan semacam itulah yang berkelebat di otak saya. Argh! Saya benci dalam keadaan seperti itu! Saya mikir lagi, di sisi lain dari diri saya, saya membela, tapi di sisi lain, menyalahkan...


Sisi membela: gak papa dong! Wajar aja kalo saya kesel dan cepet tersinggung kayak gitu! Ini kan hidup saya. Ini saya, itu dia. Saya ya saya, dia ya dia! Jangan dibandingin! Gak adil dong kalo dua orang yang berbeda disama-samain!
Sisi menyalahkan: seandainya saya nanggepinnya biasa-biasa aja dan ngedengrin dengan baik. Jangan mikirin ego. Mikirin kenyataan yang terjadi sebenarnya. Kalo itu emang bener, kenapa marah? Lakuin aja yang lebih baik buat nunjukin kalo saya juga bisa biar gak dibandingin lagi. Itu kan lebih bagus, daripada dipendem terus nangis. Konyol!
Sisi sadar: lebih berpihak pada sisi menyalahkan. Banyak benernya. Tapi, sisi membela juga bener. Saya adalah saya. Dan saya sendiri (berpikir dan berteori). Saya jadi makin bingung baiknya itu ngapain. Seperti yang tadi udah saya bilang, saya remaja labil yang masih nyari jati diri. Itu susah. Saya butuh seseorang. Seseorang yang bisa ada di samping saya, meskipun gak bener-bener di samping saya. Seseorang yang bisa ngasi saran ke saya biar gak terlalu jatuh gara-gara omongan orang lain. Seseorang yang bisa bikin saya yakin akan semua mimpi saya. Seseorang yang bisa ada pas saya lagi butuh. Mungkin keliatan egois, maaf. Tapi saya rasa saya butuh seseorang itu. Saking butuhnya, kadang saya sering menciptakan seseorang itu dalam benak saya. Mungkin berimajinasi, atau berkhayal. Mungkin lebih tepatnya bermonolog. Kenapa? Karena saya sering berbicara dengan seseorang tersebut, bertukar pendapat. Apa namanya kalo bukan bermonolog? Kan seseorang itu ada di benak saya. Ngomongin ini pun saya jadi makin bingung.

Kemudian saya beralih memikirkan mimpi-mimpi saya. Orang-orang bilang, nothing is impossible. Mungkin bener, dan eang bakal bener kalo kita mau dan berusaha. Masalah saya adalah males -,-" Dan kenapa males? Saya ngerasa orang-orang sekitar saya kurang ngasi dorongan. Tapi, di sisi lain, itu malah bikin saya makin pengen buat ngewujudin yang mereka gak tau itu! Kadang, saya ngerasa lebih nyaman kalo mereka begitu. Tapi, kadang juga saya malah ngerasa kalo saya juga butuh perhatian buat membangkitkan semangat. Hmm...

Suatu hari, saya nonton berita. Nah, di berita itu dikasi alamat blog-nya Kak Alanda, anak salah satu tersangka Kasus Bank Century yang dibahas waktu itu. Dan ini alamatnya -->http://alandakariza.com. Besoknya saya ngenet dan iseng ngebuka blog itu. Isinya? Keren! Menginspirasi! Membangkitkan semangat! Sedikit-banyak, postingannya ngerubah pikiran saya. Dan saya lebih bertekad buat ngebuktiin! Bukannya malah ngomong-ngomong gak jelas tentang apa yang sedang saya mimpiin. Hufh... Keren bener isi blongnya! Saya cuman bisa bilang, ya itu, MENGINSPIRASI! 

Di samping itu, saya juga suka bingung sama temen-temen saya, yang kalo punya malasah ato sesuatu pasti bakalan langsung ditindak dengan ngomong kotor (ya saya juga kadang begitu, tapi gak sering, kok!). Saya kesel juga ngedenger mereka. Saya jadi bingung musti bilang apa. Lebih sering saya gak tanggepin mereka. Saya rasa itu udah bagus (hehe). Hah, saya suka bingung kalo udah masuk bagian yang kayak gini. Diudahin aja deh ...

Intinya, saya terinspirasi oleh isi blognya Kak Alanda yang keren banget! Prestasinya oke-oke, tapi orangnya tetep merendah trus juga gak pelit buat bagi-bagi saran. Oya! Kak Alanda jago Bahasa Inggris! Isi blognya sebagian besar (ehm, belum dibaca semua, sih) Bahasa Inggris! Waw.. Pengalaman yang ditulis Kak Alanda juga hebat-hebat! Saluuut... Semoga setelah terinspirasi, tersugesti, dan terpengaruh, saya bisa melakukan yang seharusnya saya lakuin untuk nunjukin ke orang-orang yang meremehkan saya bahwa saya bisa, saya gak seperti apa yang mereka anggep! 

Saya benci deh kalo saya diremehin dan diprovokatori sama orang lain! Tak terkecuali sama orang-orang terdekat saya, keluarga, ibu, adik, apalagi ayah saya! Saya benci diprovokatori sama mereka! Sama temen-temen saya masih mending saya mau sedikit terima. Argh!

In the end, saya harap isi postingan ini tidak menyinggung siapa pun. Saya hanya menuangkan perasaan saya. Saya masih berharap akan ada seseorang, jadi saya gak nuangin kekeselan di sini yang kemungkinan menyinggung perasaan orang lain.

Saya juga berharap yang ngebaca postingan ini bakal ngebuka blog yang sudah saya link.

At least, saya minta maaf atas tulisan yang amburadul ini. Dan tetap berharap bahwa di sini ada (meskipun sedikit) pesan yang bisa diambil.

*Caps* ! ;)

Comments