Bintang Imut

2 hari lagi kemah bakal dilaksanain. Gue siap-siapin aja perbekalan dari sekarang. Kemah kali ini temanya santai. Pas banget buat ngisi liburan gue yang gak ada rencana liburan ke mana-mana. Yaaah, gue kira yang bakal ikut kemah ini cuma dikit, taunya banyak! Adek kelas mendominasi. Gue sih seneng, jadi bisa deket sama adek-adek! 

Sebagai wakil ketua panitia, gue turut sibuk balesin SMS adek-adek yang nanya tentang perbekalan. Gue heran aja, padahal juga udah diinfoin pas rapat dan saat itu juga mereka udah banyak nanya. Tapi kenapa masih pada SMS banyak nanya juga? Gue cuma geleng-geleng kepala sambil bunyiin jari-jari gue.

Udah malem dan penyakit lama gue bakal kambuh, begadang. Besok udah masuk waktu liburan, gak papalah kalo gue ladenin penyakit gue ini. Selama semesteran kemaren gue udah jadi anak yang patuh, deh! Bangun pagi jam lima subuh, tidur malem jam sepuluh. Siangnya pulang sekolah palingan cuma belajar buat ulangan besok. Dan itu gak sia-sia, gue masuk lagi dalam jajaran anak pintar di lima besar. Tapi itu ngebosenin. Malem ini gue mau jadi kalong, persiapan buat kemah lusa.

Ngubek-ngubek lemari makan dan lemari es nyari sesajen buat begadang emang asik! Biar dimarahin sama Mbak Arum juga gue gak bakal berenti. Toh dia juga gak makan semua yang gue ambil, dia kan phobia gemuk. Udah penuh aja lengan gue sama tiga bungkus gede Chitato sama dua kaleng Tebs dingin. Asik!


Seginian, pukul 21:35 mah belum malem namanya. Gue simpen aja sesajen-sesajen itu di mini kulkas. Sekalian gue maen game online dan ngajakin Iqbal nginep di rumah.

Iqbal itu sahabat gue, anaknya emang rajin, tapi lebih rajin gak rajin! Masih rajinan gue dong... Iqbal anaknya playboy, tapi setia. Bukan setiap tikungan ada, dia emang setia kok! Kenapa juga dia dibilang playboy, gue gak tau. Gue taunya dia setia dan romantis, jago bikin cewek melting. Jurus apa yang dia pake? Itu yang pengen gue tau.

Dan segera saja pukul 22:15 si Iqbal udah stay di kamar gue. Sambil nunggu orang rumah gue tidur, gue main PS aja sama dia. Dan dia mulai cerita tentang gebetan barunya, anak kelas satu.

"Dit, lo tau gak? Si Shinta itu selalu bisa bikin gue ngefly kayak abis nyabu!" cerita Iqbal.
"Emang lo pernah nyabu?" tanya gue polos.
"Ya gak pernah dong! Ya kira-kiranya aja gitu biar keren, Dit... Lah elo, yang mau sama lo banyak, kenapa gak ada yang lo serempet?" tanya Iqbal.
"Heh, gue mah susah suka sama orang. Ntar kali, pas gue udah ngerasa keren lagi baru gue ambil satu," sahut gue.
"Cepettt!! Gue kangen double date bareng lo lagi, Dit!" kata Iqbal. Geli gue dengernya.
"Elah... Feminim amat, hobi ya double date! Ntaran jam sebelas kita tancap ya, Bal!" 

Sepi. Cuma itu suasana di luar kamar gue malem ini. Yang ada suara ya cuma di kamar gue. Untung Ibu ngebolehin di kamar ada TV, PS, DVD, dan kulkas mini. Tapi ya syaratnya gue harus pinter! Untungnya lagi otak gue bekerja dengan sistem spons. Itu karena gue hobi nonton Spongebob...

Film pertama malem ini adalah film horor, sayangnya gue gak doyan film horor Indonesia yang semi bokep. Gue lebih milih film horor luar yang beneran bikin gak berani pipis ke kamar mandi. Abis nonton horor, gue sama Iqbal udah nyiapin film komedi biar gak mimpi buruk, biar gak pipis di kasur.

***

Jalan gluduk-gluduk, jalan becek, jalan menanjak, jalan menikung, jalan raya yang halus, jalan kerikil. Lengkap oy...Untungnya gak pake bis! Truk polisi emang kendaraan yang paling cocok buat ngebawa tim Rock Ville ke lokasi kemah.
Di luar dugaan gue, adek-adek kelas yang ikut banyak! Dan yang lebih bikin heran lagi, cowoknya lebih minoritas... Gue mulai bingung aja mikirin cara ngejagain mereka yang cewek-cewek...

"Kak, aku jadi di tim konsumsi?" tanya seorang adek cewek, suaranya imut banget.
Gue noleh, "Eh, namanya siapa?"
"Ine, kak..." jawabnya dengan mata yang membulat.
"Ine.... Inneke Riska Arumi?" tanya gue memastikan sambil buka notes.
"Iya! Di konsumsi?" tanyanya lagi ngeliatin gue, nunggu jawaban.
"Hmm...iya. Tapi sekarang kita kumpul lagi dulu buat absen sama konfirmasi, dek!" kata gue. Dan si Ine pun masih berdiri di samping gue.
"Kenapa gak ke sana?" tanya gue menunjuk barisan tim.
"Aku mau ke sana sama kakak aja, aku takut ih," Ine bergidik. Gue gemes.
Gue pun berjalan ke barisan dengan Ine di samping gue.

Malam pun segera tiba. Dingin merapatkan kita semua di pinggir api unggung besar di tengah tenda-tenda. Saling berpegangan tangan, kita mulai bernyanyi menghangatkan suasana, melawan dingin yang semakin menusuk. 

Makan malam cukup dengan singkong dan pisang yang dibakar dalam bara api dan saling berbagi. Gue bener-bener paling nikmatin saat-saat begini. Dan minumnya yaaa teh manis panas yang kudu cepet diminum daripada diduluin sama angin malem.

Gue melirik ke arah Iqbal. Dia duduk sampingan sama Shinta, pacar barunya, bukan gebetan lagi. Gue liat ke arah Anis, di sampingnya ada Eki, pacarnya yang awet banget. Kayaknya yang punya pasangan anget-anget aja. Lah gue? Masih ngerasain dingin. Gue belum bisa buang semua perasaan gue sama Kalina.

"Kak, punya minyak kayu putih gak?" tanya suara y ang gue kenal, Ine.
"Eh. Coba tanya Mbak Anis yang di situ. Kakak kebetulan belum ngambil jatah," gue menuding Anis.
"Aku gak kuat ke sana, kak! Tangan aku dingin banget!" ujar Ine. Gue liat dia berusaha menghangatkan tangannya dengan memasukkan jari-jarinya ke dalam kantong jaket tebal biru yang dia pake.
"Ya udah, tunggu ya!" gue bangkit dari duduk dn tak lama kemudian balik menyerahkan minyak kayu putih ke Ine.
Nyatanya, dia menengadahkan kedua telapak tangannya ke gue. Otomatis gue nuangin minyak kayu putih ke tangannya. Dia gak mengambil kembli tangannya bikin gue otomatis lagi meratakan minyak kayu putih yang gue tuang di tangannya. 
"Gila, dingin amat!" pekik gue dalem hati saat itu.

"Oke, nanti malem sekitar pukul sembilan, kita ada acara telusur alam. Bukan jurit yang serem, tapi jurit yang asik sebelum tidur. Kita udah bikin pasangan buat adek-adek. Satu tim isinya lima orang dengan satu senior. Tugasnya, menghampiri lima pos yang ada di sepanjang jalur untuk mengumpulkan benda-benda, yaitu topi, sarung tangan, kain sarung, kaos kaki, dan minum susu panas di pos terakhir. Sekarang kalian boleh balik ke tenda buat siap-siap ato sekedar baring, tapi sebelum jam setengah sembilan udah harus balik ke sini!" jelas Kak Irwan panjang lebar. Dia pelopor acara kemah kali ini. Dia alumni sekolah gue yang paling disegani, terutama di eskul yang berkaitan dengan alam.

Jam tangan gue nunjukin pukul 20:20. Ada yang kangen sama gue? Kalina-kah? Kata orang sih kalo kita ngeliat angka kembar di jam itu tandanya ada yang kangen. Kalina-kah? Sampe saat ini gue masih mikirin dia.

"Dit, kumpul yok!" ajak Iqbal. Gue yang lagi merebahkan diri langsung bangkit dan menyusul Iqbal.

Angin malam ganas banget malem ini! Baru jam segini udah dingin sampe bikin kulit kayak ditusuk-tusuk padahal pake jaket tebel. Gue cuma geleng-geleng kepala.

Eh, entah kenapa gue baru sadar kalo gue noleh ke kiri, ke kanan. Gue nyariin si Ine! Mana tuh si imut? Gak keliatan... Gue udah mikir yang aneh-aneh aja. Gue berinisiatif ngecek dia ke tenda. Tapi sedetik sebelum gue bangkit, wajah imutnya yang makin putih karena dingin menyembul keluar dari tenda.

"Kakak...!!" sapanya girang lalu duduk di samping gue.
"Iya... Gimana, udah anget?" tanya gue.
"Udah, kak! Makasi ya!" serunya sambil senyum. Imut banget!

Dan ini entah kebetulan ato apa, gue dapet megang tim yang anggotanya si Ine!

Udah mampir ke pos 1, 2, 3, dan sekarang giliran ke pos 4. Tapi si Ine aneh, dia gak mau jauh-jauh dari gue.
"Kenapa gak jalan sama temen yang lain?" tanya gue.
"Aku maunya jalan deket kakak aja," jawabnya makin merapat.
"Emang kenapa? Takut?" tanya gue lagi.
"Bukan... Aku kan orangnya agak gak tahan dingin, takutnya kenapa-napa. Tapi kalo jalannya di samping kakak jadi lebih anget..." sahut Ine polos.
"Haha... Ya udah," gue pun membiarkan dia jalan di samping gue.

Tengah malam...
"Kak Didit...!" panggil seseorang ketika para panitia berkumpul di sekitar api unggun yang makin redup.
Gue noleh dan mendapati Ine berdiri dengan mata yang tinggal segaris.
"Kenapa?" tanya gue.
"Aku mau pipis, tapi takut sendiri..." kata Ine.
"Sama Mbak Anis ato Mbak Caca aja, Ne. Kakak kan cowok," ujar gue. 
"Emang kalo sama Kak Didit gak boleh? Aku mau diamter Kak Didit biar gak takut," kata Ine merajuk.
"Elah...Boleh sih, tapi kalo si Didit ngapa-ngapain kamu teriak aja yang kenceng, Ne!" celetuk Iqbal.
"Iya... Aku yakin kok, Kak Didit gak bakal ngapa-ngapain kecuali jagain aku. Ya kan, kak?" tanya Ine.
Gue cuma mengangguk canggung. Tiba-tiba ada sesuatu aneh yang muncul. Deg-degan dan merinding...

Jadilah gue nemenin Ine. MCKnya gak jauh-jauh amat dari tempat kita bikin tenda, di tengah perjalanan...
"Kenapa mesti sama kakak, Ne?" tanya gue penasaran.
"Ya, soalnya kakak baik. Aku suka aja sama kakak. Kakak sebel?" sahutnya.
"Gak sih, cuma heran aja..." kata gue.
"Oooh... Kalo kakak sebel, aku minta maaf ya!" serunya. Wah, malem yang gelap gini berasa berpelangi. 
"Ya udah, kakak tunggu di sini aja ya, Ne!" kata gue berhenti kira-kira 50 meter dari MCK.
"GAK! Jauh amat... Kalo aku kenapa-napa gimana?" ancam Ine sambil menarik tangan gue. Yaaa gue ikut aja. Alhasil gue nungguin dia di depan pintu. Ckckck...

Ohiya, gue anak bontot. Kakak gue dua, cewek semua! Mungkin gak nyambung, tapi gue rasa gue udah ngelupain Kalina sejak Ine minta minyak kayu putih tadi. Agak random, tapi gue rasa gue suka sama sosok imut Ine. Kalina makin pudar dalam pikiran gue...

"Kak, udahan!" seru Ine bikin gue hampir loncat.
"Udahan apanya? Pipisnya?" tanya gue dengan muka bloon. Tapi kan gelap, jadi gak keliatan...
"Iya... tapi sekarang aku udah gak ngantuk lagi, kak. Boleh ikut begadang bareng sama panitia gak?" tanya Ine polos.
"Gak boleh, Ne... Kamu harus tidur, besok kita ada jelajah hutan. Harus istirahat yang cukup. Kita gak mau ada peserta yang sakit gara-gara acara yang kita susun untuk fun. Jadi, kamu harus tidur..." jelas gue.
"Tapi... Ngg, kalo gitu, kakak mau gak nemenin aku?"
"Ngapain?" tanya gue.
"Ngeliat bintang, kak! Aku udah lama deh pengen liatin bintang pas malem-malem banget di alam terbuka kayak sekarang..." ujar Ine sambil menatap ke langit.
"Mmm...emang sebelumnya gak pernah?" tanya gue sambil ikut ngeliatin langit.
"Gak boleh sama Papa, kak..." kata Ine pelan.
"Kenapa?" tanya gue.

Dan Ine mulai cerita kalo dia punya penyakit yang suka kambuh tiba-tiba. Gue udah was-was aja takut dia bakal kumat, tapi seakan baca pikirn gue, Ine bilang kalo penyakitnya gak akan kumat di alam terbuka apalagi pas dia bahagia. Gue jadi ngeras bodoh banget!

Ternyata Ine anak tunggal. Dia hobi jelajah alam, sayang orangtuanya terlalu khawatir sama kesehatannya. Dia gak boleh terlalu aktif. Padahal Ine yakin kalo dia bakal baik-baik aja. Ine jug acerita tentang gue...

Menurut dia, gue adalah sosok yang baik dan sabar. Dia ikut kemah ini karena tau gue panitianya. Gue gak tu kenapa, gue bingung harus bersikap gimana sama Ine pas dia cerita tentang ini. Gue salah tingkah.

Gue lirik jam tangan gue, 23:31. 
Hampir tengah malem! Gue bisa dihukum kalo kelamaan gak balik.Anak-anak yang lain gue takutin mikir yang aneh-aneh. Tapi yang lebih aneh, gak ada yang kontak gue.
Ine masih dengan senyum bahagia ngeliatin bintang yang makin terang di langit sana. Berkali-kali gue denger dia menghela napas panjang yang lega banget. Mau gak mau, gue ikut senyum ngeliatin dia...

"Kak..." panggil Ine setelah kira-kira lima menit sejak gue lirik jam tangan.
"Iya, Ne?" gue berpaling dari langit.
"Bintang bikin damai, ya?" kata Ine.
"Iya. Ini yang kamu mau?" tanya gue balik ngeliatin langit.
"Iya. Aku minta maaf ya sama kakak. Kakak jadi telat tidur gara-gara nemenin aku," ujar Ine.
"Eh! Harusnya kakak yang minta maaf atas alasan itu. Besok kamunya gimana kalo kurang tidur? Sekarang balik, yuk!" ajak gue bangkit.
"Iya, kak..." Ine bangkit dan memeluk lengan gue.

DEG! Gue harap Ine gak ngerasain dentuman hebat dari dalem dada gue. Kenapa gue begini? Gue selalu gak bisa tau kenapa... Tap gue tau ini apa. Ini tanda kalo gue sedang jatuh cinta. Tapi apa bisa secepat ini? Jwaban untuk pertanyaan kayak gini yang gue gak pernah bisa jawab. Sekarang gue cuma fokus sama satu: jangan sampe Ine denger apa yang gue denger, suara jantung gue.

Nyala api unggun masih tetap sama. Gue dan Ine mendekat. Temen-temen gue yang lain mennyambut kita dengan tatapan bertanya, kecuali Iqbal.
"Lama amat, Dit?" tanya Kak Irwan.
"Sori, Bang! Gue nemenin Ine ngeliat bintang..." jawab gue.
"Tapi lo kan tau besok kegiatannya apa, Dit. Sekarang lo anter Ine ke tendanya!" seru Kak Irwan.
"Kak, jangan hukum Kak Didit! Dia udah bilang ke aku kok kalo aku harus balik dan tidur, tapi aku gak mau. Aku mau liat bintang di alam bebas dan Kak Didit nemenin aku. Dia ngejagain aku..." Ine membela gue.
"Ine, kamu tidur aja, ya!" bujuk Kak Irwan.
"Gak mau ah... Aku gak mau Kak Didit dihukum!" Ine berdiri tegak di samping gue seakan menantang Kak Irwan. Gue pikir saat itu gue terlihat sangat bodoh!
"Udahlah, Bang! Gue yakin si Didit ngalah dan gak salah. Biarin Ine tidur dan ikutin kemauannnya, jangan hukum Didit. Besok kita denger cerita dari Ine kalo lo gak percaya cerita dari Didit," iba-tiba Iqbal angkat bicara, ikut membela gue. Gue melirik Ine, dia tersenyum puas pada Iqbal.
"Ya udah. Didit, anter Ine gih!" dan gue pun mengantar Ine ke tendanya.

"Kakak, kalo kakak dihukum Kak Irwan trus kakak bohongin aku kakak gak dihukum, aku bakal gak akan ikutin perintah Kak Irwan lagi," ancam Ine sebelum masuk tenda.
"Iya, Ine. Kak Irwan gak bakal hukum kakak, kok!" kata gue menenangkan.
"Awas kalo ketauan kakak bohongin aku!" kata Ine.
"Kakak gak suka bohong, Ne. Malem..." ucap gue lalu berbalik meninggalkan tenda Ine.

Dan pagi datang begitu cepat. Rasanya gue baru tidur sepuluh menit! Dengan mata yan gue rasa ada yang ngelemin, gue berjalan. Dan guejadi bingung sendiri pas ada di depan tenda Ine. Gue bingung kenapa gue ke tenda Ine!
"Pagi, Kak Didit!" sapa Ine ceria.
Gue mengerjapkan mata sampe gue bisa ngeliat Ine dengan jelas. 
"Pagi, Ine..." balas gue dengan suara bantal.
"Cieee Inee!!" gue mendengar teman Ine menggoda. Dan gue liat Ine cuma senyum malu-malu. Lah, gue jadi salah tingkah pagi-pagi.
"Kak, cuci muka dulu gih biar matanya kebuka lebar kayak aku!" seru Ine. 
"Iya, dek!" gue menuju pinggir sungai dan membasuh muka gue berkali-kali sampe kesadaran gue mencapai 100%.
**
Malam terakhir dari acara kemah adalah malam ini. Gue rasa gue sedih. Dan memang gue sedih.Si Iqbal mati-matian ngeledekin gue sama Ine. Kenapa juga gue mana  tau. Si Iqbal pun makin mepet sama Shinta.Sialan! Bukannya cemburu, gue kesel. Bukan sama Iqbal, tapi sama gue sendiri yang belum mastiin perasaan gue ke Ine apa.
"Kak Didit!" seru Ine melambai dari tempatnya menyiapkan konsumsi.
Gue jalan ke sana sambil senyum.
"Kenapa?" tanya gue.
"Aku suka deh sama kakak! Kapan-kapan aku pengen ngeliat bintang sama kakak lagi!" kata Ine.
Gue cuma diem ngeliatin dia yang senyum. Gue bingung mengartikan "suka deh sama kakak!" dari Ine. Apa sekarang waktu yang tepat buat bilang kalo gue sayang sama Ine? Tapi gue rasa gak. Gue belum tau jelas apa yang gue rasain ini. Sialan!

Jam tangan gue nunjukin pukul 11:46, semua udah dirapiin dan dimasukin dalem truk, kendaraan kita saat datang. Sekarang tinggal mengecek kembali lokasi, barangkali ada sesuatu yang tertinggal.
Tepat pukul 12:00, kami meninggalkan lokasi kemah.

***

"Lo masih mikirin Ine, Dit?" tanya Iqbal berbisik.
Gue yang sedang melamun menoleh kaget.
"Iya... Gue kangen sama dia, Bal..." ucap gue sambil menatap kosong.
"Udahalah... Seenggaknya lo udah pernah bikin Ine seneng. Gue yakin Ine selalu nungguin lo tiap malem untuk lo liat. Dia ada di antara bintang-bintang kecil yang dulu pernah kalian liat bareng," kata Iqbal.

Ya, sekarang udah sebulan sejak kepergian Ine. Dua hari setelah kemah, gue denger Ine masuk rumah sakit karena keadaan jantungnya yang lemah dan asmanya kumat. Hari itu juga, gue sangat meresa bersalah! Gue langsung tancap gas menuju rumah sakit tempat Ine dilarikan.
-

"Kak Didit, inget ya...ini bukan karena kita liatin bintang, tapi ini karena Kak Didit gak ada buat nemenin aku liatin bintang malem-malem lagi di alam. Kakak jangan salahin diri kakak! Kakak harus seneng juga ya karena kakak udah bikin aku bahagia," kata Ine dengan selang oksigen di hidungnya.
"Ine, kakak seneng bisa bikin Ine bahagia. Tapi sekarang kakak ngerasa jahat banget karena bikin Ine harus berbaring di sini. Kakak janji, kalo Ine udah sembuh kakak bakal ajak Ine ngeliatin bintang lagi di tempat yang bagus banget! Ine cepet sembuh, ya!" pesan gue menahan air mata.
"Kakak... Ine bakal ngeliat bintang sama kakak lagi! Ine janji! Tapi kakak jangan pernah ngerasa diri kakak bersalah. Kalo aku tau kakak nyalahin diri kakak, aku gak mau nemenin kakak!" ancam Ine dengan gaya yang sama dengan malam itu.

Jujur, di situ gak bisa nahan air mata gue. Ngeliat Ine dengan wajah imut dan suara yang saat ini gue kangenin, sangat bikin sesuatu dalem hati gue perih sampe gue nangis. Gue gak rela selang oksigen itu berada di hidung Ine. Gue bener-bener ngerasa bersalah!

"Kakak minta aku janji, aku juga minta kakak janji. Kalo kakak ngelanggar janji, janji aku pun aku langgar..." ucap Ine sebelum gue genggam tangannya.
Dan gue gak bisa nahan diri untuk menyalahkan diri gue dalam hati. Sampe akhirnya gue ngerasain tangan Ine terkulai...
-

Hari ini adalah hari ke-sekian buat gue di mana gue gak napsu ngapa-ngapain. Setiap malem gue gak lagi begadang. Gue nongkrong di balkon atas ngeliatin bintang sambil berharap Ine ada di samping gue seperti malam itu.

Gue tau itu mustahil, tapi gue tetap yakin! Gue pun tau semua yang gue rasain sekarang adalah karena gue gak nepatin janji gue ke Ine. Gue nyesel!

Dan kata-kata semangat dari Iqbal yang tiap hari gue denger akhirnya mempengaruhi gue...

Malem ini, gue kembali menatap langit luas dan bersih di balkon atas. Sendiri...
"Ine, kakak tau kamu adalah satu dari miliaran bintang yang indah sekarang. Kaka minta maaf karena payah, gak bisa nepatin janji kakak. Tapi kakak pengen kamu tau, kakak kangen banget sama kamu! Kalo kamu adalah bintang imut di sana dan ngeliat kakak di sini, berkelip dong!" kataku iseng tapi berharap.

Selama semenit tak terjadi apa-apa dan gue masih ngeliatin langit sambil nginget-nginget malam itu...
"Ine!" pekik gue ketika gue merasa tiba-tiba sebuah bintang kecil berkelip di langit sana...
"Kakak kangen banget sama suara imut dan sikap berani kamu... Tiap malem kita ketemu di sini dan kakak akan bahagia kalo ngeliat kamu, bintang imut di sana, berkelip lagi... Kakak akan sebahagia kamu dulu, Ine..." ucap gue. Tanpa gue duga, mata gue berair.
Sejak malam itu, gue selalu berharap dapet kerlipan bintang imut lagi. Tapi, agaknya Ine memang bisa tau kalo gue ngelanggar janji atopun bohong... Gue kuliah dan ngekost. Otomatis gue gak ngeliat bintang dari balkon atas rumah gue. Dan karena itu, kerlipan bintang imut gak pernah menyapa gue lagi.

Tapi gue setia mandangin langit tiap malem. Gue kangen sama Ine, si bintang imut!

Suatu malam gue bela-belain ke rumah dan ngeliat bintang dari balkon atas.
"Kakak kangen Ine! Kakak kangen kerlipan bintang imut! Kakak minta maaf..." seru gue dalem hati.
Dan..................itu dia! Kerlipan bintang imut!
Gue tau Ine ada dan dia sangat menepati janji.

Sekarang gue tau, kalo gue kangen sama kerlipan bintang imut, gue balik ke rumah dan nongkrong di balkon atas.  Ine ada di sana :')







*NB: mohon maaf kepanjangan...

Comments