A Dot of Down...

19:38 adalah jam di mana saat pageviews blog ini mencapai 1000. Terima kasih yang utama untuk yang pernah buka blog ini. Sebuah blog yang isinya tulisan-tulisan aneh dari seorang cewek SMA. Pageviews nembus 1000 itu emang mungkin bukan apa-apa buat orang. Tapi buat saya itu adalah sebuah pencapaian yang memuaskan setelah penantian yang cukup membutuhkan usaha dan kesabaran...

Satu yang paling menonjol saat ngeliat nominal pageviews blog ini berubah dari 3 digit ke 4 digit adalah SENENG. Saking senengnya cuma bisa tarik napas - buang napas aja. Selain itu menuliskan kata-kata bahagia yang sebenarnya sulit dikata-katakan di akun Twitter saya

Akun jejaring sosial saya juga berperan banyak dalam mempromosikan hasil tulisan saya di blog ini. Berkat akun-akun itu banyak orang yang liat blog ini. Mereka kasih pujian, saya seneng dan bangga. Selain itu juga berusaha biar bisa nulis yang lebih fleksibel. Ya, yang bisa jadi inspirator buat orang sekalian pelampiasan perasaan. Jadinya bukan cuma curhatan sampah yang bikin orang ikutan mumet.

Saya pengen dapet kritikan dan saran dari orang-orang yang pernah buka dan baca isi blog ini. Dapet sih satu, dari Mbak Eva, kakak kelas di SMA yang pernah baca naskah saya yang belum terselesaikan di blog ini. Sarannya kalo mau bikin cerita, apalagi cerbung, klimaksanya harus keliatan dan jangan terlalu banyak basa-basi. Ya, saya terima itu dan mulai belajar untuk bikin cerita yang gak banyak basa-basinya. Tapi sekali lagi, cerita yang ada di blog ini belum selese...

Selain kritik untuk cerita, saya juga pengen kritik untuk isi blog ini. Biar saya sedikit menemukan pencerahan buat nulis. Kayak, apa yang sebaiknya saya gak usah tulis, bahasa seperti apa yang seharusnya saya lebih banyak pake, dll. Kritik yang kayak gitu yang pengen saya dapet dari orang pernah mengunjungi blog ini. 

Dapet pujian emang bikin seneng, tapi kayaknya kalo dapet kritik itu rasanya lebih diperhatikan. Artinya ada orang lain yang pengen kita jadi lebih baik. Dan sejauh ini, belum dapet kritik kecuali yang satu itu, seinget saya. Ato mungkin takut mengkritik karena khawatir saya bakal down? Bohong kalo gak ada perasan down saat dikritik! Tapi dibalik rasa down itu sendiri bakal ada satu ledakan motivasi dari dalam yang bikin kita berusaha untuk menciptakan pujian dari hasil kritikan tersebut. Huaaaaam...

Hmm...1 Juli bakal terkenang untuk saya akan pencapaian blog ini. Saya seneeeeeeeeeeeeeeeeeeng banget!!!
Tepat pas statistik nunjukkin angka 1000, saya langsung nyalain printer dan print out statistik tersebut. Rencana gila muncul: melaminating hasil print out tersebut. Mungkin akan ter-realisasi-kan suatu hari nanti.

Tapi sayanganya, disela-sela aura kebahagiaan yang menyelimuti saya malem ini, ada satu yang bikin down. Bukan, bukan kritik. Tapi lebih ke provokasi dari seorang provokator yang (sepertinya) tidak pernah mencoba untuk bisa memahami orang lain. Provokator itu tak lain ya ayah saya sendiri.

Saya berkali-kali nyebut, "Seribu...akhirnya seribu..!!" 
Ibu saya dengan raut wajah heran bertanya, "Apa yang seribu?"
Dengan hati yang berdegup lebih cepat gak jelas saya menjawab, "Blog kakak udah dibuka sampe seribu kali!" Ya, dengan penuh semangat dan kesenangan.
Karena beliau masih kurang paham, saya kasi liat hasil print out statistik blog. Dan meskipun belum mengerti seratus persen, beliau menampakkan raut turut senang di wajahnya. Makin membuat saya cuma bisa tarik napas - buang napas...

Tapi tidak begitu dengan si provokator. Dia minta liat hasil print out dan saya kasi. Setelah dia liat, dia malah bertanya itu apaan. 
Dengan masih bahagia saya jawab, "Statistik blog,"
Dia nanya lagi, "Dapet apa emang kalo udah segini?"
Saya jawab dengan tingkat kebahagiaan yang menurun, "Gak dapet apa-apa sih, seneng aja!"
Dengan nada meremehkan dia berkomentar, "Eee...kirain dapet apa gitu, award kek.. Coba kalo bisa di internet itu bikin program. Googling cara belajar Matematika yang cepet, bla bla bla..." Asli males dengernya. 
Dengan keadaan saat kebahagiaan saya yang down itu Ibu saya membela, "Ih ,gak tau namanya orang seneng! Udah, jangan ngomong sama bapaknya deh!" 
 
Ya, dia emang provokator. Dia gak pernah mikir bagaimana orang lain. Dia cuma mau orang lain hidup atas perintahnya. Dan saya dengan sinis membalas kata-kata provokatisnya, "Pak, kesukaan orang itu beda. Keahliannya juga beda. Gimana pun mau dipaksa untuk ahli kalo orang gak minat ya sampe akhir jaman juga gak bakal ahli. Dan ...." kata-kata selanjutnya lupa.

Saya pengen dia tau ya kalo: SETIAP ORANG BERHAK UNTUK BAHAGIA ATAS APA YANG MEREKA SUKA. Bukannya MEMBAHAGIAKAN ORANG LAIN ATAS PROVOKASI DARI SEORANG PROVOKATOR!
Hhhh...bukan bermaksud kasar, tapi saya cuma mau bikin dia sadar! Tapi gak yakin kalo dia bakal buka blog ini dan sadar. Setidaknya orang-orang yang baca blog ini bisa tau kalo saya gak suka diprovokasi.

Semoga cepat ato lambat dia bakal paham tentang arti hobi. Dia minta saya untuk ngelakuin hal yang lebih bisa mendatangkan materi. Saya tau. Saya juga mikirin tentang materi (baca: uang). Daripada saya pusing sendiri umur segini sampe ubanan mikirin caranya dapet duit, mending saya melakukan hal yang saya suka (baca: blogging). Mungkin hasilnya belum keliatan sekarang, tapi suatu hari nanti.

Bohong kalo saya gak pernah ngarep mengikuti jejaknya Raditya Dika ato blogger-blogger lain yang blognya udah dibukuin. Itu salah satu mimpi saya. Tapi untuk saat ini, blogging saya manfaatin buat berlatih menulis dan mengembangkan aspirasi. Gak ada yang salah dengan nge-blog. Gak akan pernah salah seseorang menulis.

Bingung inti dari postingan ini apa. Saya cuma bisa bilang...
Saya kecewa atas respon dari seorang di rumah saya. Dia memunculkan satu titik api down yang pada akhirnya hampir membakar hangus semua kebahagiaan yang saya rasain.
 

Salam,

 

A Disppointed Author


Comments