Love, Thanks, and Sorry...so difficult to say!

Banyak hal di dunia ini yang sulit buat diungkapin... Kebanyakan sih cinta. Tapi terima kasih dan maaf lebih susah!

Kadang di saat kita jatuh cinta, maka kita akan berusaha sangat keras untuk coba ngungkapin perasaan itu. Di saat yang sama pula kita takut sama apa yang bakal terjadi setelah kita ngungkapin itu. Rasa lain yang juga sulit diungkapain pas jatuh cinta adalah kangen. Dan semua itu adalah beberapa yang (mungkin) paling banyak yang sulit diungkapin...

Butuh keberanian ngungkapin cinta ato mungkin sekedar suka ato kangen ke orang. Tapi jauh lebih mudah ngungkapin itu ke temen. Kenapa kalo ngungkapin ke orang spesial begitu sulit?



Rasa terima kasih selalu ada untuk diungkapin dalam keadaan kita telah tertolong. Tapi, beda-beda perasaan setelah itu. Pengen bilang "makasi" kadang sulit! Yang tersulit buat saya adalah bilang "makasi " ke orang-orang yang benar-benar berarti dan berjasa. Karena...mungkin satu kata itu aja gak cukup untuk mengungkapkan betapa kita sangat berterima kasih.  Rasanya sekedar kata "makasi" aja gak cukup banget! Kayaknya mesti ngelakuin satu hal dulu baru rasanya pantes bilang "makasi".

Entah kenapa bilang "makasi" ke orangtua itu SULIT! Jauh lebih sulit dibanding bilang "makasi" ke temen ato ke orang lain ato ke guru....

Selain terima kasih, maaf juga termasuk yang sulit diungkapin. Sama kayak kata "makasi", kata "maaf" pun sulit keluar walaupun di hati udah bener-bener pengen minta maaf. Untuk "maaf" mungkin lebih ke karena kesalahan yang kita lakuin udah terlalu bikin sakit hati orang terdekat. Terutama (lagi) orangtua. Ngebayangin jasa-jasa mereka yang udah gak terhitung, bikin satu kesalahan aja rasanya kayak.....(sulit diungkapin)! Dan di dalem hati, percayalah! Sesungguhnya kita sebagai anak sangat ingin minta maaf! Tapi karena....mungkin gengsi ato terlalu sulit, jadi kata "maaf" itu gak terucap...

Sulitnya bilang "maaf" ke orangtua adalah sama sulitnya (bagi saya) dengan bilang "makasi" ke orangtua. Entah kenapa....kelu.

Gimana ya...rasanya emang ngeselin kalo usaha kita gak dihargai. Tapi pasti lebih nyakit kalo apa yang udah kita lakuin untuk bikin orang lain seneng itu gak dapet ucapan "makasi". Apa itu juga yang dirasain sama orangtua ketika mereka udah berusaha bikin kita seneng dan kita pada akhirnya hanya ketawa dan asik sendiri sama kesenengan kita? Hiks :'(

Trus juga...pasti sakit banget disakitin sama orang yang kita sayang. Tapi karena sayangnya kita, kita gak bisa untuk marah ato menuntut sebuah kata maaf dari orang yang kita sayang meskipun mereka udah menyakiti kita. Sakit banget! Apa itu yang orangtua rasain ketika kita menyakiti mereka? Hiks :'(

Kalo diinget-inget lagi betapa sulitnya bilang "makasi" dan "maaf" ke orangtua rasanya kayak gak tau terima kasih! Kalo udah gitu, gak tidur juga gak papa. Kalo udah gitu bisa nangis semaleman! Kenangan-kenangan betapa kita pelit bilang "makasi" dan "maaf" pun makin menyerang. Ditambah lagi sama memori tentang apa yang udah orangtua lakuin buat kita, buat saya....

Entahlah, tapi malem ini saya rasa saya adalah pecundang. Gak berani bilang "makasi" ke bapak :|

Sejujurnya saya sangat sayang orangtua saya... Tapi gak tau gimana buat nunjukin rasa itu... Dibalik sikap cuek saya ke orangtua, sebenarnya ada banyak yang saya pikirin, yang saya pertimbangin. Walaupun saya sering gak dengerin mereka, tapi saya mikirin apa yang mereka bilang... Saya sayang mereka :"(

Dan sekarang...untuk menggantikan ucapan "makasi" dan "maaf" yang belum terungkapkan saya pengen ngelakuin hal yang sekiranya sepadan. Bikin orangtua bangga, ngelakuin yang terbaik. Bismillah!

Cukup perenungannya. Saya harap ini bisa bikin bees yang masih sulit bilang "makasi" dan "maaf" ke orangtua (khususnya) bisa jadi lebih mudah ngucapinnya. Jangan cuman berani bilang "kangen" sama pacar aja :p


-

Comments