Diary #4

Hi :D *lambai tangan-kecup basah-peluk bees yang mampir ke sini*

Hari ini akhirnya bisa melepaskan unek-unek buat ngeblog yang udah cukup dipendem selama beberapa hari yang berkesibukan. Yah, akhirnya sekarang ada waktu buat ngeblog setelah kemaren sibuk sama persiapan cerdas-cermat PKN. Di sini, mau reporting tentang cerdas-cermat kemaren... *buka tudung saji*

Jadi, hari Senin (26/03/'12) kemaren merupakan hari yang akhirnya tiba juga! Hari di mana rasa deg-degan akan sirna perlahan-lahan, hari di mana semuanya bakal melebur sedikit demi sedikit, hari di mana saya gak belajar sampe waktu sholat Dzuhur, umyeah \m/

Sebenarnya saya ngomong apa juga kurang paham deh .__.v

Oke, serius deh!

Jadi....Senin itu adalah hari H, di mana cerdas-cermat itu diselenggarakan, pembukaan, dan babak penyisihan. Cerdas-cermatnya selama dua hari, Senin-Selasa, di sekolah saya. Yak! Tim saya sebagai tim tuan rumah. Entah kenapa, kata 'tuan rumah' itu seperti mengandung sesuatu yang mengandung sebuah tanggung jawab moral yang harus dipertanggungjawabkan. Simpelnya sih, Tuan Rumah itu harus menang! Hmm...

Waktunya flashback~~

---
Hari Minggu, latihan yang sangat intens, latihan persiapan, latihan terakhir, pemantapan, dll. Di hari libur nan cerah itu, kita (baca: saya dan temen-temen yang diutus #tssah) latihannya dua shift; pagi dan sore. Humm, bayangin aja tuh di hari libur mesti bolak-balik sekolah 2kali dalam sehari, di hari Minggu pula! WAO :O

Paginya janji jam 9am udah di sekolah dan mulai latihan. Tapi apa? Dasar jiwa Indonesia yahh...ngaret sampe jam 10am baru mulai. *bershower*

Latihan pagi itu biasa aja. Ngebahas soal yang udah emang kita pelajari dari awal, tambahan materi tentang 4 Pilar Berbangsa-Bernegara (kalo gak salah), trus di akhir pertemuan pagi itu latihan yel-yel.

Pagi itu gak ada yang spesial karena gak ada telur mata sapi. Satu-satunya yang bikin saya berminat untuk dateng adalah tanggung jawab. Kalo semisal saya gak dateng, maka lebih baik itu saya lakukan sejak awal. Nah, berhubung dari awal udah dateng, maka....di hari Minggu yang cerah pun harus dateng.

Pagi itu sekolah gak serame hari-hari Minggu sebelumnya yang banyak kegiatan eskul. Palingan yang rutin tuh Remus yang bermarkas di musholla di ujung sekolah. Dan itu sangat jauh dari lobi, di mana kita latihan.

Dan pagi itu kita pun latihan diawali dengan materi. Saya ngantuk banget di tengah pematerian itu -___- abisnya semalem begadang nonton Transformers I yang keren abis! Huahahahha

Di akhir latihan shift pagi, sebelum pulang untuk istirahat dan balik lagi ntar sore, kita diminta buat latihan yel-yel sama pak guru.

Saya belum hafal yel-yelnyaaaaa!!! Saya gak pernah buka yel-yel ituuuu!!! *lari keliling lapangan* #fiksibelaka

Dengan formasi 3-3-4, kita pun mulai me-yel-yel. Dengan abstrak.



Pas mau pulang, ternyata ada razia dengan polisi yang bolak-balik di depan sekolah sampe mangkal di gerbang sekolah. HUH! Saya sebagai pengendara motor yang belum punya SIM karena belum cukup umur pun parno. Bukan parno karena takut, tapi gak suka aja ngeliat polisi >,<"

Akhirnya saya muter, masuk lagi ke sekolah. Berkumpul lagi bareng temen-temen yang juga menanti hengkangnya polisi yang bolak-balik di depan sekolah sampe akhirnya pak guru dateng menghampiri murid-muridnya yang gak berani pulang.

"Lho, kenapa belum pulang?" tanya pak guru.

"Ada razia, pak..." jerit kita semua dengan tampang menyedihkan.

"Wahh..kalo gitu, sini dah sama pak guru," ujar pak guru bijak yang disambut mimiki bahagia kita.

Jadilah kita ngekor pak guru sampe gerbang sekolah. Di sana, di seberang sana, ada polisi. Entah kenapa, saya pasang muka nantang. Kenapa nantang? Soalnya ada pak guru. Gak mungkin polisinya bakal nyamperin kita nanya macem-macem. Hahahahaa *ketawa licik-muka licik-serba licik*

In the end of Minggu pagi yang cerah, saya pulang dengan selamat meskipun mesti takut kesasar akibat pulang lewat jalan yang menyusup-nyusup.

---
Shift sore. Janji awal jam 4pm udah di sekolah. Tapi pas sebelum pulang, di depan gerbang, pak guru meralat perjanjian awal itu dengan mengatakan bahwa jam 5pm udah di sekolah. Oke, saya ambil perjanjian yang ke-dua. Yeah, dasar jiwa Indonesia...hoho



Saya sempat-sempatin tidur siang sebelum sore biar fit dan bisa lebih fokus. Tidur siang jam 1pm sampe jam 3pm. Trus lupa deh ngapain. Yang jelas jam setengah 4pm saya denger lagu di komputer sampe hampir jam setengah lima. Santai dong yaaa..janjian jam 5pm, dan jam set5pm belum masuk kamar mandi...

Tapi akhirnya saya mandi juga kok~ Siap-siap sampe jam 5 kurang. Ehh...taunya temen SMS suruh cepetan. Wahh...sewot dong saya. Belum juga jam 5!

Skip>>

Saya pun nyampe sekolah. Jalan mengendap-endap menuju lobi. Lalu berlari kecil sambil ngucap salam trus salaman sama pak guru.

Mereka yang udah dateng ternyata sedang latihan tanya-jawab soal-soal yang kita pelajari. Yep, kita sudah cukup menguasai contoh soal latihan yang diberikan. Kita siap untuk besok pagi (y) Wait~ kita? Except me, maybe .__.v

Entah kenapa saya sama sekalo gak menggebu-gebu, gak deg-degan, gak greget, no sense of anything. Sejenis pasrah yang......sulit dijelaskan.

Di akhir latihan, udah jam set7 malem, adzan Maghrib berkumandang, kita diminta untuk memantapkan yel-yel. Dengan formasi yang diubah namun tetap 3-3-4.

Mungkin sekitar 3kali lebih kita ngulang yel-yel dengan berbagai perbaikan, baik dari segi lirik, koreografi, maupun kekompakan. Dan itu capek.

Pulang ke rumah pun jam 7 kurang. Fiuhhh~~~ Tapi enak pulang malem tuh...kebetulan langitnya bersih banget, bintang sama bulannya bener-bener subhanAllah :)

Di kamar, saya latihan sendiri itu yel-yel meskipun ada beberapa lirik yang saya gak tau nadanya. Sebenernya sih mau belajar lagi, tapi......acara TVnya bagus! Hoho~~

Malemnya menjelang tidur, udah berbaring imut di kasur, saya mikirin untuk besok pagi. Harus dateng lebih pagi biar bisa latihan yel-yel lagi, biar bisa dapet hypnotherapy, biar bisa bernapas sebelum cerdas-cermat. Yak, yang terakhir agak ekstrim :|

Saya takut besok bangun kesiangan. Hasilnya, malem itu saya tidur dengan sedikit ke-susah-tiduran yang ending-endingnya tidur juga. Tapi paginya...kayak tidur kurang nyenyak.

Sebelum berangkat sekolah, lebih pagi dari hari-hari sekolah biasanya, saya bener-bener memasrahkan diri sama Allah akan semua yang bakal terjadi. Pasrah sepasrah-pasrahnya.

---

Sekian flashbacknya.

Balik ke hari Senin...

Pagi itu, saya dan temen-temen mulai ngumpul dan jalan bareng ke depan mencari sosok pak guru untuk di-hypnotherapy biar gak  gugup, biar gak grogi, biar tenang, dll...

Sambil nungguin pak guru, saya sempat-sempatin baca buku tentang Tap MPR. Tapi agaknya itu rada gak masuk -__- ahh, yang penting usaha (y)

Jam set8, kita berkumpul di taman depan sekolah untuk menerima hypnotherapy. Saya sangat berharap hypnotherapy-nya berhasil buat saya. Soalnya saya orangnya suka gak percayaan sama yang begituan, jadi....penasaran aja.

Tapi ternyataaa....gak berhasil. Saya bingung gimana caranya buat nerima sugesti dari pak guru. Pas pak guru bilang, "Pada hitungan ke-3, angkat tangan kiri kalian..." Saya beneran nungguin pak guru ngitung sampe tiga trus angkat tangan kiri. Haha...lol banget kalo inget itu. Ternyata sugestinya mental. Saya.....sulit untuk terpengaruh sama hal semacam itu. Karena saya percaya kalo motivasi dkk itu bukan dipengaruhin sama orang lain ato hal lain, tapi hal-hal semacam itu bisa kita munculin dari dalam diri kita. Kitalah yang paling mempunyai pengaruh besar buat gimana pemikiran kita. #tssah

Intinya, hypnotherapy dari pak guru sama sekali gak ngaruh ke saya. Saya agak kesel juga sih, kenapa gak ngaruh? Padahal saya penasaran gimana rasanya kena hypnotherapy u,u

Setelah latihan yel-yel di pagi-pagi yang mendebarkan.....sebenarnya gak segitunya amat...., kita masuk ke sekolah dan menuju aula untuk pembukaan acara cerdas-cermat.

Di aula, udah banyak siswa dari sekolah lain yang sedang dengerin sambutan-sambutan dari bapak-ibu yang ada di depan. Gak terlalu merhatiin mereka siapa. Saya sama sekali pasrah dan pasrah.

Well, kita (baca: saya dan temen-temen) masuk ke tim B, sesi ke-dua di ruang (lupa).

Setelah pembukaan, saya dan beberapa temen langsung ke perpustakaan untuk ngadem, sebut aja ngadem. Di perpus, kita coba untuk baca-baca materi lagi. Tapi saya, kalo udah hari H, apalagi di detik-detik mau mulai, sulit buat konsen belajar lagi. Biar begitu, saya tetep usahain baca.

Saya ngebaca Tap MPR Nomor VI/MPR/2001 (kalo gak salah) tentang Etika Kehidupan Berbangsa. Saya ngafalin substansinya. Menurut feeling saya, itu bakal keluar. Apalagi temanya 4 Pilar Kehidupan Berbangsa. Feeling saya begitu kuat buat Tap MPR yang satu itu. Saya terus ngafalin. Sampe saya lupa ngafalin Tap itu nomor berapa -.- itu bagian dodolnya.

Di detik-detik terakhir sesi pertama, kita nonton di belakang. Nilai mereka bener-bener mepet. Sampe ada dua tim yang nilainya sama, maka diadakan soal penentuan untuk menentukan mana yang akan maju ke babak semifinal besok.

Resikonya.....kalo salah, nilai -5. So, jelas yang gak jawab bakal maju ke babak selanjutnya. Agak...miris :/


*jengjeng* *Duarrrr*
Sesi ke-dua. Saatnya kita unjuk gigi.

Tim kita duduk di bangku yang paling kanan dengan lampu bel warna merah. Setelah menyanyikan yel-yel, pembawa acara membacakan aturannya. Kelar itu pengambilan nomor undi untuk menentukan tim kita akan menjawab soal di amplop nomor berapa. Dan kelompok kita dapet nomor 2. Kita sangat berharap apa yang kita pelajarilah yang keluar.

*Jengjeng* *Duarrrrr*
Pertanyaan pertama, pertanyaan tematik; sebutkan rumusan pasal 32 UUD 1945. Jleb! Itu bukan bagian saya. Dan temen yang dapet bagian itu lupa, ngeblank. Tapi salah satu dari kita menyebut-nyebut tentang hak memeluk agama. Kita pun diskusi, sampe akhirnya saya berdiri buat nyebutin rumusan pasal tersebut yang menurut kita bener. Saya gak yakin, tapi meyakinkan diri.

Soal selanjutnya soal "Benar-Salah" di mana kita cuman jawab "Benar" ato "Salah" dengan waktu cukup 5detik aja. Dan jawaban yang pertama tidak tepat. Nilai 0. Sykur selanjutnya 10. Fyuh~

Perolehan sebelum babak rebutan pun tim kita sama dengan tim yang di ujung kiri. Awal yang bagus! Karena tim yang paling kiri itu berasal dari sekolah yang.....memiliki catatan tersendiri dengan sekolah saya.

Di babak rebutan, banyak sekali soal yang terlewatkan. Meskipun tim kita memberanikan diri menjawab beberapa soal dan mendapat nilai -5, namum kita bangga dengan hal itu. Setidaknya kita berani untuk mengambil resiko daripada tim paling kiri yang sama sekali gak mencet bel dan memilih jalan aman; tidak menjawab.

Yahh...pada akhir sesi ke-dua itu langkah tim kita berhenti. Di babak penyisihan gak lolos. Sebagai Tuan Rumah, berhenti di babak penyisihan itu memang berat. Tapi....saya gak terlalu kecewa, cuman gemes aja. Kenapa? Karena soal di sesi ke-dua itu sama sekali di luar apa yang kita pelajari. Hmm, ada sih beberapa yang nyangkut, tapi....ya begitulah~ Ilmu ikhlas pun wajib dipraktekkan.

Tunggu! Ternyata di salah satu soal rebutan, ada soal yang jawabannya adalah Tap MPR tentang Etika Kehidupan Berbangsa yang saya hafalin itu! Tapi sayang sekali, sangat disayangkan, saya lupa! Itulah momen dodol ter-menyebalkan.

Di akhir sesi, kita sebagai Tuan Rumah harus menunjukkan sportifitas kita dengan melapangkan dada atas apa yang kita peroleh. Kita saling meyakinkan siri satu sama lain bahwa kita sudah melakukan yang terbaik meskipun hasilnya belum bisa menjadi yang terbaik. Kita percaya bahwa langkah kita yang terhenti di babak penyisihan ini bukan hal yang buruk. Banyak sisi positifnya dari kita gak lolos ke babak selanjutnya.

Awalnya sih saya emang gak terlalu mikirin kekalahan kita, tapi...lama-lama saya jadi gemes sendiri. Dan sensasi males-ngapa-ngapain pun muncul. Di jampel terakhit hari itu ada mid Biologi dan rasanya saya gak minat sama sekali untuk itu. Rasanya.....semacam putus asa. Tapi saya tau itu gak boleh! Tapi.....keceawa :(

Saya dan beberapa temen tim yang masih meratapi keberhasilan kita yang tertunda pun lebih memilih untuk diem di aula buat nonton sesi ke-tiga. Tiga kata buat sesi ke-tiga ini: seru, sengit, awesome!

Kelar babak penyisihan, saya dan temen-temen yang tadi nonton sesi ke-tiga langsung keluar aula menuju musholla, ngadem, dan belajar untuk tidak menyesali apa yang sudah terjadi.

Sayaaa....biasa aja, cuman....yaaahh...begitulah yang terbaik. Sisi positifnya, kita bisa fokus buat mid, fokus buat sekolah yang normal tanpa latihan ngafal, bisa fokus buat menikmati hari Minggu yang cerah #eaaa ~~

Pada akhirnya, saya ikut mid Biologi juga :D

Temen-temen pada nanyain gimana hasil cerdas-cermatnya. Saya dengan berusaha tenang karena emang udah pasrah dari awal pun bilang kalo tim sekolah gak bisa lanjut ke babak selanjutnya.

Yahh..kadang kekalahan itu melegakan. Saya lega kalah. Karena ya emang kita dicukupkan sampe babak penyisihan. Tuhan tau kalo kita lagi mid, jadi Tuhan gak pengen bikin kita tersibukkan dengan ngafal bahan cerdas-cermat #ngelesbijak #nofiction #nomention

Ohya, you know what???? Soal yang kita pelajari pas latihan ternayata sebagian besar keluar di sesi ke-tiga!!! Shout "WAW", bees!!!

Dan....di akhir hari Senin, ketemu lagi dengan temen-temen tim, kita ngoceh sewot kesel gak jelas akibat soal yang keluar di sesi kita dengan materi yang kita pelajari sebelumnya. Seperti.....pohon yang sudah berdiri tegak tiba-tiba layu dengan tanpa alasan. Hmm, gak ngerti juga maksudnya apaan .__.v

Di sisa hari itu saya menyimpan seupil kegemesan akan cerdas-cermat itu. Seupil. Camkan itu! Selebihnya, saya lega...

Dan karena lega, malemnya saya bisa tidur dengan nyenyak, tanpa beban, dan rileks, dan....penuh syukur atas apa yang terjadi. Salah satu resolusi 2012 saya memang terealisasikan; meminimalisir penyesalan dengan lebih banyak bersyukur dan berpikir bijak :) (y)


Yah, pada akhirnya...apa yang udah terjadi, meskipun tidak sesuai dengan harapan, tetap akan menjadi yang terbaik untuk ke depannya. Memang butuh waktu untuk mennyadari itu, tapi banyak bersyukur dan berusaha berpikir positif itu gak ada ruginya :)


Sekian laporannya. Sekian tentang cerdas-cermatnya. Yang menang tadi siapa yaaa??? Umm~ Let's see tomorrow, I'm not in promise :p


CHAO *lambaikan tangan-kissbye*

Comments

  1. Siapa yang menang yaaaa? Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. entahlah, aku tidak ingin mengetahui kelanjutannya, qaqa... #DramaModeON

      Delete

Post a Comment