Understanding or Loving people?

Konbanwa mina!
Selamat menikmati Sabtu malam dan malam Minggu, Aliens :)

Setelah bertapa cukup lama di dalem kamar yang lampunya dimatiin, saya mendapat inspirasi untuk nulis sesuatu yang semoga bisa jadi pencerahan buat kalian yang sering galau grgr mikirin kepribadian sendiri, just like me. Hehe :D

Okay! Here we go yaaaa ;)


Pernah ngerasa gak kalo di suatu ketika kalian ngerasa sendirian, rapuh, dan butuh seseorang? Pasti pernah!

Pernah gak kepingin punya sebuah perasaan lega sambil membatin, "Ternyata saya gak sendirian,"? Pernah dong yaa??

Malem ini... itu adalah hal yang saya renungkan. 


"Sekarang saya cuman mau mastiin bahwa di saat saya sendiri, saya nggak sepenuhnya sendiri. Karena orang yang saya butuh bisa ada dan bikin saya sadar kalo saya nggak sendiri."


Bener.

Akhir-akhir ini saya ngerasa kalo orang yang paham sama kita itu adalah orang yang tepat untuk dibutuhkan. Gini, semisal kalian punya gelagat aneh yang nunjukin kalo keadaan kalian sedang gak baik-baik aja. Gelagat itu gak beda jauh sama sikap kalian di saat kalian baik-baik aja. Di saat kalian sedang nggak baik, berapa orang yang ngeh kalo kalian sedang nggak baik-baik aja?

Orang yang memahami kalian pasti ngeh. Dan karena mereka ngeh, mereka bakal bertindak seperti yang kalian butuhkan, misalnya menghibur ato sekedar bersedia menjadi pendengar yang baik buat semua unek-unek yang bikin kalian "nggak baik-baik aja". Right?

Orang yang memahami kita kadang jauh lebih berharga daripada orang yang kita sayang ato bahkan orang yang kita cinta. Karena menurut saya, rasa sayang dan rasa cinta itu bisa aja muncul dari sebuah keegoisan.



Di saat kita terlalu egois untuk cinta, maka mata hati kita akan tertutup untuk melihat apa yang seharusnya kita lihat. Bahkan nggak jarang kita berpura-pura untuk tidak melihat apa yang yang kita lihat. Semuanya karena kita egois.

Di saat rasa sayang dan rasa cinta itu didasari oleh keegoisan, maka akan sulit untuk rasa-rasa itu bertahan. Gimana nggak? Kita terlalu egois untuk memprioritaskan diri kita. Jadi, kita bakal terlalu sibuk untuk mikirin keinginan dan ambisi kita tanpa punya sedikit pun toleransi untuk memahami orang lain.

Kalo udah terlalu egois dan memprioritaskan diri sendiri, gimana kita mau bersedia untuk memprioritaskan orang lain?

Makanya jangan heran deh kenapa banyak hubungan yang gagal karena satu, egois. Egois itu emang bahaya.

Balik lagi ke orang yang "memahami" kita....

Menurut saya, orang yang memahami kita itu bukanlah orang yang selalu ada di saat kita sedih maupun seneng. Tapi, mereka itu adalah orang-orang yang selalu ada di saat-saat yang tepat.

Pernah nggak menyadari bahwa senyuman seseorang bukanlah senyum? Kalo pernah, berarti kalian udah masuk dalam kategori orang yang bisa memahami. Yaaah, walaupun belum bisa untuk membantu, tapi setidaknya udah bisa untuk mendeteksi "sesuatu yang salah" itu udah cukup :)

Selanjutnya, di saat kalian nyembunyiin kesedihan dan ikut tertawa di saat temen-temen kalian ketawa. Berapa orang yang menyadari kehadiran kesedihan itu? Gimana perasaan kalian kalo tau ternyata ada yang menyadari itu? Bahagia? Pasti. Lega? Seharusnya.

Kenapa? Karena itu emang udah seharusnya kayak gitu. Di saat seperti itu kalian bakal ngerasa bahwa ada yang memperhatikan kalian, dan otomatis kalian bakal ngerasa nggak sendirian di situasi itu, kan? Right or wrong? Blame on me if that isn't right. hehe....

Tunggu....

Do you know what I'm trying to tell? I'm in confuse now.

Jadi gitu... kadang yang sebenarnya kita butuhin adalah orang-orang yang bisa memahami kita. Terkadang salah lho ya kalo misal kita ngebutuhin orang yang kita sayang. Karena belum tentu orang yang kita sayang bisa memahami kita kayak gimana. Belum tentu orang yang kita sayang ngerti "sesuatu yang salah" di kita.
Karena itu tadi, kadang, mungkin bahkan gak jarang, bahwa rasa sayang dan cinta itu muncul karena adanya keegoisan.

Saya gak bilang kalo semua rasa sayang dan cinta itu diawali dari keegoisan lho ya~

Orang-orang yang sayang sama seseorang itu bahkan bisa mengurangi ego mereka. Mereka adalah orang-orang yang berhasil memberikan toleransi lebih kepada orang lain. Dan otomatis mereka adalah orang-orang yang bisa memprioritaskan orang lain di atas diri sendiri. Saluuutttt (y)

Rasa sayang dan cinta gak bisa disalahkan, apapun alasannya. Kalo salah dan ada alasannya, semua orang yang jatuh cinta, semua orang yang saling menyayangi salah dong? -,-

Hmm... rasa sayang dan rasa cinta itu hebat. Rasa-rasa itu bisa ngebuang sifat egois.

Enak kan ya kalo punya orang yang kita sayang trus orang yang kita sayang itu bisa memahami kita kayak gimana :')

Kita mungkin nggak bisa maksain orang yang kita sayang buat memahami kita. Tapi, orang yang mampu memahami kita itu adalah jelas-jelas orang yang sayang sama kita.

Kadang, bahkan orangtua pun belum bisa memahami anak mereka sepenuhnya. Malah kalo yang saya rasain sih, orang-orang yang bisa memahami saya itu malah sahabat-sahabat saya. Mereka tau gelagat saya kalo lagi galau, kalo lagi badmood, kalo lagi seneng, kalo lagi nyimpen rahasia, dan mereka oke-oke aja dengan sikap saya dengan situasi hati yang seperti apa pun! Walaupun mereka sewot, tapi begitulah cara mereka sayang dan perhatian sama kita. That's what we called FRIENDS, Als!

Tapi jangan khawatir... orang yang sayang sama kita bisa juga jadi orang yang memahami kita dan makin sayang sama kita. Orang-orang yang sayang sama kita bakal berusaha buat memahami kita, apapun konsekuensinya. Mereka bakal bisa melunakkan ego mereka untuk mengerti kita, untuk memahami kita, untuk masuk ke dunia dan kehidupan kita.

Di saat ada orang seperti itu di hadapan kita, gimana perasaan kalian?

Jadi, lebih nyaman sama orang yang memahami kita kan daripada sama orang yang kita sayang~
Nggak heran dong kalo dalam persahabatan banyak yang kejebak cinlok :p hahahaha
Nggak boleh disalahin dong kalo kita jatuh cinta sama sahabat sendiri.

Kalo misal punya sahabat yang jatuh cinta sama kita, itu artinya mereka tulus. Karena mereka memahami kita gimana pun keadaannya. Mereka udah tau seluk-beluknya. Dan kalo boleh sotoy dikit, itulah yang mungkin namanya cinta. Mereka menerima semua hal tentang kita, baik-buruknya. Dan merekalah orang yang nggak akan pernah minta kita buat berubah, tapi mereka akan dengan sendirinya membuat kita berubah jadi orang yang lebih baik ;)


Ada lagi! Orang yang memahami kita bakal selalu ada buat meyakinkan kita bahwa kita nggak pernah sendirian.



Sesungguhnya pas bertapa di kamar apa yang pengen saya sampein bukan cuman sabatas yang di atas. Masih lebih luas dan mendalam lagi, tapi sayangnya saya lupa -___-


Jadi, sekarang kalo lagi galau butuh mana, yang memahami ato yang disayangi? wkwk
Sahabat ato pacar? *eh


Sayonara! :p


Comments

Post a Comment