The Story of "Undangan"

Hola, Aliens!
Telah lama tak menulisi blog ini, hiks.

Jadi kemarenan itu lama gak ngepost grgr kuota modem jam manusia udah abis, sisa yang banyak itu kuota buat jam zombie. Berhubung saya bukan zombie, jadilah jarang online.

Well, ada cerita. Tentang suatu malam menjadi zombie. Ya, pemerannya saya.

Hari itu, 27 Mei 2013, paginya abis ke sekolah buat ngeliat nilai UN, US, dan gabungan keduanya. Paginya sebelum ngeliat itu sih tenang-tenang aja gitu, kayak itu adalah hal yang udah biasa. Hasil nilainya gimana? Ya... begitu. Biasa aja, alhamduillah lah, nyerempet ke angka delapan, cuma kurang nol koma satu doang. But it's okay lah~

Kelar liat nilai, tibatiba ada temen yang bilang kalo pengumuman SNMPTN jalur undangan bakal bisa diliat jam enam sore nanti. Saya sih masih stay cool sambil bilang, "Aduh, deg-degan. Semoga lolos, ya Allah!"
Si Widy yang galau grgr nilainya memberi respon dengan nada yang sangat optimis, "Yakin dah dapet kamu, lumayan nilaimu tu..."
Dan Doyok pun berpendapat lebih optimis.
Sedangkan saya masi setengah-setengah antara optimis dan pasrah.

Di perjalanan pulang, deg-degan akibat hasil seleksi SNMPTN jalur undangan itu terlupakan. Terlupakan dan tergantikan karena diboncengin sama pembalap -__- Entah karena sengaja ato gimana, bawa motor kayak pembalap. Tapi itu hal yang biasa, soalnya bapak sendiri bawa motor kayak pembalap. Haha

Sampe di rumah, saya membagi informasi mengenai nilai yang saya liaat di sekolah. Si Ibu bersyukur nilai anaknya nggak jelek-jelek amat dan beliau berdoa supaya anaknya dapet undangan SNMPTN. Aamiin...

Well~ rasa deg-degan itu dateng lagi. Entah gimana, rasanya deg-degan beneran. Saya gelisah. Saya gundah. Saya risau. Saya pasrah. Nggak punya cukup keyakinan untuk optimis, dan nggak rela untuk pesimis. Tapi jauh di lubuk hati, di bagian di mana sebuah feeling bisa terasa dengan anehnya, saya sangat yakin untuk jangan terlalu berharap karena... karena... karena... ada kemungkinan yang sangat besar bahwa harapan itu akan tidak terkabul.

Tapi saya cepet-cepet buang feeling itu dan ganti pake feeling bagus dengan energi positif. Sayangnya, it didn't really work.

Menjelang jam enam, temen SMS dan bilang ada beberapa dari mereka yang lolos seleksi dan sebaliknya. Dan tingkat kegelisahan saya segera meningkat.

Adek saya yang punya laptop dan sering bawa modem pun saya SMS biar buruan pulang. Katanya sih dia di jalan.

Dengan kegelisahan dan keraguan yang makin menjadi-jadi, saya duduk di teras bareng ibu saya sambil berulang kali bilang, "Ya ampun, deg-degan!"

Jengjeng~ adek pun tiba. Dengan segera saya colokin modem dan nyalain laptop.

...

...

...

Eng ing eng~~~ anti klimaks.
Kuota jam pagi abis -___-
Kegelisahan semakin parah!

Singkat cerita, saya sholat dan ngaji tak lupa berdoa dan berharap, meskipun setengah pesimis, biar lolos seleksi.

Berhubung itu modem bisa berguna lagi di atas pukul 12 malem, saya pun begadang. Yak, jadi zombie. Pukul 10 sebenarnya udah ngantuk, tapi untuk tidur itu kayak nggak niat banget saking gelisahnya. Sungguh, gelisahnya ngalahin gelisahnya orang galau ditinggal pacar. Wkwk

Menit-menit menuju pukul 12 sungguh ngesot, lamaaaaaaaaaa~

Udah mau pukul 12, mendadak laper. Apalagi sebelumnya udah karoke-karoke kaset lama sama adek. Ya, karoke menjelang tengah malam di kala semua makhluk rumah udah mimpi, kecuali adek saya yang baru bangun.

Hidangan tengah malam itu adalah Indomie rasa kari ayam. Enak. Soalnya lagi laper plus gelisah.

Teng! Pukul 12 tiba. Saya nunggu beberapa belas menit lagi.

... beberapa belas menit kemudian.

Saya langsung connect internet. Trus buka web hasil seleksi SNMPTN.
Abis itu langsung masukin KAP dan tanggal lahir.

Alih-alih nunggu hasil yang saya kira bakal pindah page, saya nutupin layar laptop sekalian nutup mata.
Tapi taunya hasilnya langsung muncul di bawah form yang tadi.

Eng...eng...
Embedded image permalink


Rasanya itu.................................... JLEB.
Kalo kagak ada adek saya, udah berurai air mata tuh waktu itu.
Tapi... karena harga diri seorang kakak dan demi image dan wibawa seorang kakak di mata adeknya, saya berhasil nggak nangis.
Alih-alih nahan air mata, saya bilang, "Ndi, ndak lolos..." dengan nada yang diseret-seret, dengan suara yang digetarkan menggambarkan perasaan yang begitu terpukul dan hati yang remuk berkeping-keping.

Terjawab sudah semua rasa gelisah, risau, dan pasrah yang tadi. Dan di lubuk hati, di bagian di mana sebuah feeling bisa terasa dengan anehnya, itu tuh bagian dari hati yang sulit dipungkiri keakuratannya. Terbukti. Rasa gelisah yang dari tadi menghantui... hasilnya... menyakitkan. Apalagi kata-kata yang terketik dengan warna font merah itu, hiks.

Gimana perasaannya? Oh... gimana yaaa?
Mungkin kayak rasanya diputusin sama pacar yang sangat amat disayang. Tapi sepertinya lebih dari itu.

Patah hati. Itu kata pertama yang terlintas di otak saya untuk menggambarkan perasaan saya pas ngeliat hasil seleksi itu. Pediiiiiihhhhhhhh!!! *elus dada*

Menghilangkan rasa patah hati, share ke dunia maya. Dan... ngeliat banyak temen yang senasip, jadi ngerasa nggak sendiri :')

Ikut seneng buat temen-temen yang dapet undangan, dan saling menguatkan sama temen-temen yang nggak dapet undangan. Yap! Life must go on! Haha... keep moving forward! Dunia nggak hancur hanya karena nggak dapet undangan, kok~ eaaa...

Intinya mah, terpukul bangetnya cuman pas waktu ngeliat hasil seleksi itu doang kok. Sisanya mah dipake buat mikirin selanjutnya mesti belajar buat SBMPTN! Bantaaaaiiiiii! HIATT!!


Sekian postingan flashback untuk undangan~ hihihi

Comments