Petuah Perihal Putus Cinta

Putus cinta itu memang berat. Seberapa pun kita sakit hati, tapi putus cinta sama orang yang kita sayang banget itu berat banget. Nggak boleh munafik...

Beratnya itu pas ngebayangin dia dapet cewek baru. Ngebayangin kata-kata manisnya dia yang dulu, yang sekarang udah hambar tapi susah dilupain. Ngebayangin tatapan matanya buat kita dengan sorot yang beda, waktu itu. Ngebayangin senyumnya yang bikin ngefly, waktu itu. Ngebayangin kehangatan tangannya yang dulu pernah menggenggam tangan kita. Ngebayangin semua hal yang bikin kita makin ngerasa kalo putus cinta itu berat. Banget.

Satu-satunya obat sakit hati akibat putus cinta adalah move on. Yayaya... memang berat buat memulai langkah awal untuk move on, tapi cuma itu caranya ngobatin sakit hati akibat putus cinta. Dan memang, untuk move on itu sendiri butuh proses. Salah satu proses awal yang harus dilalui adalah galau tahap pertama, diikuti dengan mati rasa. Lalu ada juga hidupnya hati sama galau tahap ke-dua.

Galau Tahap Pertama
Ini adalah yang wajar terjadi setelah putus cinta. Di mana pihak yang masih sayang namun tersakiti, bahkan yang udah ngerasa nggak sayang pun akan merasakan galau. Terutama untuk yang masih sayang, dia bakal galau berat. Hal itu dikarenakan oleh hilangnya sebuah kebiasaan yang sudah cukup lama terjadi dan melibatkan hati.

Selain itu, disebabkan juga oleh perasaan parno yang berlebih. Parno akan kemungkinan-kemungkinan negatif yang muncul di saat baru putus cinta. Contohnya, parno nggak bisa nemuin orang lain kayak dia, ato nggak takutnya dia yang duluan move on, bisa juga takut kalo kita yang gagal move on terus.

Untuk contoh yang pertama sebenarnya agak gimana gitu sih, ya. Hal kayak gitu nggak seharusnya diparnoin. Ngapain kita mengakhiri hubungan dengan orang yang ingin kita dapatkan lagi? Itu agak kebalik sih ya, harusnya gini aja: semoga ketemu orang yang nggak kayak dia, kalo pun mau yang kayak dia, cukup dengan sifat-siftanya dia yang baik-baik aja, sisanya nggak perlu. Jadi, harusnya nggak usah takut karena nggak bisa nemuin orang kayak dia, yang bener tuh bersyukur kalo ketemu orang yang nggak kayak dia.

Mati RasaIni adalah bagian dari proses yang menyebabkan hati kita mati rasa. Yup! Mati rasa. Susah buat ngerasain yang namanya cinta karena masih dalam fase penyembuhan. Wajar. Mati rasa ini kadang yang menjadi hambatan untuk move on. Karena mati rasa menyebabkan kita menutup hati untuk orang-orang yang sebenarnya bersedia menjaga dan merawat hati kita. Tapi karena trauma pasca putus cinta, maka hati kita akan mati rasa.

Tenang, itu cuma sementara ;) Hati kan tugasnya merasa, jadi bayangin aja kalo hati mati rasa permanen x_x Terrible.

Di fase ini mungkin Yang ada cuma rasa kangen sama mantan dan penyesalan berserta sedikit rasa sayang terhadap mantan yang akan segera basi,

Dalam tahap ini, yang perlu dilakukan adalah tidak memaksa hati untuk merasa. Biarkan hati beradaptasi karena waktu yang akan menuntunnya kepada penjaga hati selanjutnya. Nanti semesta akan membawa hati kembali pada alam dan akan mulai bisa merasa lagi. Sulit dan tidak sama. Tapi itu memang prosesnya, alamiah.

*Yang setelah ini bukan pasti menjadi tahap setelah terjadi mati rasa ya. Setelah mati rasa itu ada sisa 2 tahap lagi, dan tidak bisa dipastikan urutannya karena kemampuan manusia untuk mengolah perasaan berbeda-beda. Jadi tidak bisa dimutlakkan mana yang akan terjadi duluan.*

Hidupnya Hati
Yup! Setelah mati rasa, percaya nggak percaya, hati bakal hidup lagi. Dia akan merasa lagi. Dia akan mulai membuka diri lagi. Dia akan menjadi berani lagi. Tapi satu yang terpenting: dia akan lebih kuat dari sebelumnya.

Hidupnya hati ini berarti kita udah bisa mulai merasakan desiran cinta yang berlalu sembari menghembuskan nafasnya yang sejuk. Hidupnya hati ini akan mengajarkan kita tentang isyarat cinta yang baru serta pertanda rindu yang pernah terlupa.

Hidupnya hati ini seperti membeli buku baru yang siap ditulisi dengan kisah yang baru di mana buku lama yang berisi kisah lama sudah ditutup dan akan dibuka jika sangat diperlukan. Hidupnya hati ini sangat penting karena mempengaruhi banyak hal, salah satunya jiwa. Jiwa akan merasa lebih tenang dan nyaman. Imbasnya juga ke banyak hal, misalnya kehidupan. Kehidupan jadi lebih terarah dan termotivasi.

Jangan pernah berharap hati nggak akan pernah bisa nerima orang baru, tapi berharaplah agar hati ini mampu menerima orang baru yang lebih baik dari sebelumnya. Pengecualian, boleh juga mengharapkan orang di masa lalu yang, pastinya, sudah berubah mmenjadi jauh lebih baik untuk menempati lagi hati kita. Jangan sampe salah buka hati aja sih...

Intinya... hidupnya hati ini merupakan fase yang cukup krusial dan seharusnya sih mutlak.

Galau Tahap Ke-duaNah lho... galau ini ada dua tahap. Gila aja galau lebih dari satu tahap. Tapi bisa dibuktikan sendiri. Galau tahap ke-dua ini juga kayaknya ada berbagai versi. Versi 'masih sayang', sama versi 'udah biasa aja'.

Versi 'masih sayang'. Kalo masih sayang pasti bakal galau berat (lagi) pas ngeliat ternyata mantan udah duluan move on dan dapet gebetan bahkan pacar baru. Galaunya kebangetan sampe pengen ngelakuin hal-hal yang nggak masuk akal. Galaunya sampe pengen jambak si pacar barunya mantan dan pengen mencabik-cabik muka mantan. Galaunya sampe nangis sesegukan padahal yang ditangisin nggak peduli. Galaunya sampe... tidak terdefinisikan lagi.

Parah tuh! Jangan sampe yaa...

Versi 'udah biasa aja'. Kalo udah nggak ada rasa yang spesial, ngeliat mantan dapet gebetan ato pacar baru itu juga bisa galau. Salah satu galau yang terjadi adalah galau ketika melihat perubahan pada mantan yang bisa jadi sangat mengejutkan, misalnya dia berubah dari so cool jadi alay beudt. Selain itu, kayaknya nggak ada alasan yang cukup penting sih buat galauin mantan, toh juga udah nggak ada rasa, kan? So, mungkin cuma galau karena itu aja sih.

Jadi, galau tahap ke-dua ini bisa juga jadi tolak ukur kemanjuan kita dalam proses move on. Bisa juga untuk mengukur kadar sayang kita ke mantan, masih ato enggak. Galau tahap ke-dua ini bisa juga disebut cemburu. Kalo cemburu dan tidak cemburu, udah tau kan maksudnya gimana?

Galau tahap ke-dua ini sama sekali nggak salah. Bisa dijamin, setelah putus, kebanyakan dari kita bakal mendoakan mantan supaya mendapatkan yang lebih baik lagi, kan? Okesip. Tapi nggak sedikit juga sih yang doanya ekstrim dan rada negatif. But it's okay, everyone has a right, kan? ;)

---
See? Patah hati itu emang berat. Move on juga. Tapi kalo nggak move on ya... stuck. Kalo stuck ya... nggak maju-maju. Kalo nggak maju-maju yaaa... percuma. Sayang aja gitu galau seumur hidup cuma karena satu biji orang. Ya nggak sih?

Move on itu kuncinya satu, sama kayak kunci buat mimpi: MAU ato ENGGAK MAU.
Kalo mau move on, pasti bisa. Lama ato sebentar, itu cuma masalah lingkungan dan suasana. Masalah waktu itu relatif, semesta yang akan berkonspirasi.

Kalo nggak mau move on? Ya... selamat tenggelam dalam masa lalu. Selamat terinjak terus oleh sakitnya putus cinta. Selamat terpuruk dalam jurang sakit hati yang kian mendalam. Dan selamat tertinggal oleh waktu yang terus berjalan maju tanpa belas kasihan untuk kembali.

Think again.

Comments

  1. Wah, super sekali, Mia :o

    Betewe, Mia jadi rajin nge-post akhir-akhir ini..
    Lagi jatuh cinta ya? #eeeh-_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. -_- sekalinya ngepost buat bbrp hari ke depan, mbak xD
      semaam inves postingan wkwk
      mau cuti dulu nih makanya biar ndk penuh blognya x_x

      Delete

Post a Comment