Day 248 of 365

Sebuah Senin Pagi yang Baik😊

Pagi ini akhirnya ada keinginan untuk meng-update blog! Kenapa? Karena pagi ini alhamdulillah mood saya baik! Kuncinya memang memaksa diri untuk bangun di subuh hari lalu menahan diri untuk tidak tidur setelah sholat subuh. Malam sebelumnya, saya tentu berdoa kepada Tuhan supaya dibangunkan subuh dan diberi kekuatan untuk melawan rasa mager dan melawan hasrat untuk kembali terpejam di pagi hari yang masih empuk untuk tidur lagi.

Dengan sedikit usaha mulai workout dari kaki, akhirnya jantung terpaksa memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh, membuat rasa kantuk perlahan sirna terganti oleh adrenalin tipis. Setelah cukup terbangun untuk bergerak, saya berjalan mengambil matras yoga dan melanjutkan dengan beberapa sit-up. Setelahnya, baru mematikan kipas angin dan lampu tidur, membuka jendela dan membiarkan udara segera menggantikan udara pengap sisa semalam. Sesi terakhir adalah standing push-up bertumpu pada dinding untuk memperbaiki postur tubuh supaya lebih tegap. Done! Ritual pagi yang berjalan dengan lancar.

Oh, setelah workout kaki, saya menyusun to-do list singkat untuk pagi ini. Setelah berhasil membangunkan diri dengan workout, saya pun beranjak untuk mengurus cucian yang akan saya selesaikan besok pagi. Ada agenda pagi ini yang mengharuskan saya untuk berangkat jauh lebih awal.

Beres merendam cucian, saya mulai pelan-pelan merapikan kamar dan menyapu debu-debu. Semua saya lakukan perlahan dan pelan-pelan saja, yang penting selesai. Dan benar, menjaga semua pelan-pelan saja di pagi hari ternyata cukup ampuh untuk menjaga ritme gelombang positif yang memang mengalir perlahan dalam tubuh. Kalau dipaksakan cepat-cepat, takutnya malah jadi badmood dan saya sedang tidak ingin mengurusi itu dulu, he-he.

Usai menyapu debu, tentu saja saatnya untuk menyeduh kopi! Waktunya sedikit bersantai karena hal-hal yang perlu dilakukan sudah dilakukan. 

Kopi di tangan kanan, buku di tangan kiri, dan jodoh di tangan Tuhan.

Kira-kira begitulah deskripsi pagi santai. 

Oh! Sebelum beranjak menyapu, saya menulis jurnal! Demi keselarasan pikiran. Journaling yang sudah saya rutin lakukan sejak Maret dengan tujuan bisa mengurusi pikiran dengan lebih baik lagi supaya hal-hal yang tidak perlu jadi pikiran, yah, memang akan ditinggalkan di atas kertas.

Saya sedang menyelesaikan buku Kepada Tuhan yang Entah karya John Steinback. Ada bagian-bagian yang lucu dan juga yang membuat saya menggeleng-gelengkan kepala saat membacanya. Kesan pertama saat membaca buku itu saya merasa ceritanya akan membosankan. Tapi... tanpa adanya plot-plot yang berarti, tau-tau sudah mau tamat saja. Alurnya itu seperti datar-datar saja, meski ada peristiwa kelahiran dan kematian, tapi tidak terlalu disorot sehingga, sebagai pembaca, saya merasa diajak ikut mengalir saja dengan arus yang disajikan oleh bapak John Steinback.

Saat mempertimbangkan check-out buku tersebut, saya sudah was-was kalau bukunya tidak cocok, eh ternyata saya suka! Tentu saja saya bersyukur atas hal itu. Salah satu hal yang menyenangkan, ya, tentu tidak salah membeli buku! Indikatornya? Bagi saya, ketika saya membaca sebuah buku, lalu ada benang-benang yang bisa terhubung dari kisah dalam buku dengan kehidupan nyata saya, sehingga saya setidaknya bisa punya referensi atau memetik pelajaran dari situ, nah, itulah indikator bahwa saya tidak salah membeli buku.

Tentu sudah bisa ditebak bahwa dari judulnya saja, buku ini mengindikasikan sebuah kisah dari tokoh yang tidak begitu mempercayai Tuhan sampai-sampai disebut Tuhan yang Entah. Ya, memang. 

Kadang saya merasa sedikit takut dipikir akan atheis saat orang-orang rumah melihat judul buku-buku yang saya baca, ha ha ha. Ya, saat membaca buku-buku yang ke arah sana... saya sambil terus berdoa kepada Tuhan supaya dikuatkan iman.

Yah, saya sedang menikmati membaca buku (lagi!).

Belum saya temukan bagian klimaks dari cerita di buku itu, tapi sudah mau habis saya baca. Aneh, tapi, yah tidak apa-apa ^_^

Semoga pagi yang baik ini akan terus mengawal hari Senin ini supaya menjadi hari yang baik. Aamiin🌻🌻🌻

Comments